Kontribusi Self Efficacy dan Dukungan Keluarga Terhadap Persepsi Karir Peserta Didik Kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Bukit Tinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rini Afriany Harahap
Lativa Mursyida
Efrizon Efrizon
Mahesi Agni Zaus

Abstract

Masa SMA merupakan sebuah masa dimana langkah dari awal anak akan memulai karir yang sesungguhnya. Siswa mulai banyak yang memikirkan bagaimana masa depan yang akan mereka inginkan nantinya. Tidak banyak siswa yang sudah memikirkan karirnya sejak mereka duduk dibangku kelas X dan ada juga yang masih belum kepikiran hingga tiba waktunya kelas XII. Hal ini ada berbagai faktor yang mendorong dari penetuan karir siswa nantinya. Faktor terbesarnya adalah salah satu potensi diri yang mereka miliki dan dukungan penuh dari orang tua. Disini self efficacy dan dukungan orang tua dapat dikatakan sebagai penentu awal mula karir yang mereka jalani nantinya untuk itu siswa akan mulai berkomunikasi dengan potensi yang mereka miliki dengan dukungan orang tua. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah peristiwa dimana masih banyaknya siswa dan siswi yang masih susah dan kebingungan dalam menentukan karir yang akan mereka pilih nantinya ketika masa sekolah berakhir. Terdapat beberapa faktor penting didalam penentuan karir siswa yaitu bentuk dukungan keluarga dan tingkat kepercayaan diri atau potensi yang mereka miliki. Untuk itu tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah sebagai alat ukur untuk melihat bagaimana kontribusi dari self efficacy dan dukungan orang tua dalam penentuan karir siswa. Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan metode campuran atau mix method. Hasil dari penelitian ini adalah faktor dari self efficacy dan dukungan orang tua berkontribusi baik terhadap penetuan karir siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
R. Harahap, L. Mursyida, E. Efrizon, and M. Zaus, “Kontribusi Self Efficacy dan Dukungan Keluarga Terhadap Persepsi Karir Peserta Didik Kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Bukit Tinggi”, JAVIT, vol. 5, no. 1, pp. 11-20, Aug. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.