Rancang Bangun Virtual Laboratory pada Materi Praktikum Jaringan LAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Hasim
Ahmaddul Hadi

Abstract

Rancang bangun virtual laboratory pada mata pratikum jaringan LAN sangat bermanfaat untuk meningkatkan penguasaan serta penguatan konsep pembelajaran pada siswa. Tujuan tugas akhir ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi virtual laboratory dengan menggunakan teknologi virtual reality yang dapat membantu proses belajar mengajar antara siswa dan guru serta meningkatkan keaktifan siswa dalam materi instalasi jaringan LAN karena teknologi virtual reality dapat menggabungkan antara materi dengan objek 3D menggunakan software Unity. Pembelajaran secara virtual dengan menggunakan teknologi virtual reality sama halnya seperti menggunakan simulasi komputer interaktif terutama yang berbasis 3 dimensi. Simulasi komputer ini memungkinkan untuk memberikan pengalaman yang tidak tersedia dalam kenyataan. Pembuatan aplikasi Virtual Reality ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu : analisis, desain/perancangan, pengembangan, dan uji validasi. Pada tahap analisis dilaksanakan beberapa analisis diantaranya adalah analisis kebutuhan sistem dan analisis materi. Selanjutnya dilaksanakan tahap perancangan aplikasi. Dalam pembuatan aplikasi virtual reality ini software yang digunakan adalah Unity dan software blender digunakan untuk pembuatan aset objek 3D.Uji validasi ahli materi dilakukan oleh dosen bidang jaringan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dan untuk uji validasi ahli media dilakukan oleh salah satu dosen di Program Studi Animasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang ahli dalam hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terciptanya aplikasi virtual reality yang didalamnya terdapat simulasi praktikum membangun jaringan LAN secara virtual menggunakan software Unity dengan kategori layak dan tanpa melakukan revisi yang terlalu banyak

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
A. Hasim and A. Hadi, “Rancang Bangun Virtual Laboratory pada Materi Praktikum Jaringan LAN”, JAVIT, vol. 2, no. 2, pp. 63–75, Jun. 2022.

References

[1] Situation Summary, Centers for Diase Control and Prevention, 2020a. https://www. cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/cases updates/summary.html.

[2] R. U. Amalia, B. Isnaeni, and Y. Hanafi, “Analisis Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Online Materi Biologi di Smp Negeri 3 Bantul,” Bio Educ., vol. 5, no. 2, pp. 10–15, 2020, [Online]. Available: http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/2422/2043

[3] I. B. . U. Yudhamanyu, “Pengembangan Simulasi 3D Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network),” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 475–489, 2013.

[4] V. Van Thong et al., Virtual Synchronous Generator: Laboratory Scale Results and Field Demonstration. Romania: Bucharest, 2009.

[5] Iwan Sofana, Membangun Jaringan Komputer (Membuat Jaringan Komputer (Wire dan Wireless)) Untuk Pengguna Windows dan Linux. Bandung: Informatika, 2006.

[6] E. V. Haryanto, Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

[7] Y. L. Chen, “The effects of virtual reality learning environment on student cognitive and linguistic development,” Asia-Pacific Educ. Res., vol. 25, no. 4, pp. 637–646, 2016.

[8] L. J. Ausburn and F. B. Ausburn, “Desktop Virtual Reality : A Powerful New Technology for Teaching and Research in Industrial Teacher Education,” Ind. Teach. Educ., vol. 41, no. 4, pp. 1–17, 2004.

[9] N. Yulianto, Pembuatan Game 3 Dimensi Lost In The Jungle Dengan Menggunakan Unity 3D Game Engine. Yogyakarta: AMIKOM Yogyakarta, 2012.

[10] J. Chronister, Blender Basics Fourth Edition. Drafting Technology, 2011.

[11] F. Biljecki, The concept of level of detail in 3D city models, vol. II, no. 62. 2013. [Online]. Available: http://repository.tudelft.nl/assets/uuid:cea5a207-e796-4691-9440-13362cf8654c/291180.pdf

[12] S. Vidiardi, “Pengembangan Museum Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Desktop Virtual Reality Pada Museum Ranggawarsita,” Univ. Negeri Semarang, pp. 1–99, 2015.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.