Analisis Kepuasan Pengguna dalam Pemanfaatan E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di SMK N 2 Pariaman
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Di era globalisasi dunia pendidikan saat ini, dibutuhkan sistem e-learning. E-learning sudah menjadi kebutuhan metode pembelajaran berbasis teknologi dimana kegiatan pembelajaran dilakukan secara online melalui suatu sistem atau aplikasi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengaksesnya kapan saja dan dimana saja tanpa ada batasan ruang dan waktu. E-learning sebagai metode pembelajaran jarak jauh dapat digunakan untuk mengadaptasi kebutuhan pembelajaran yang mendukung pembelajaran konvensional. Dengan adanya aplikasi e-learning, SMK N 2 Pariaman saat ini menyediakan e-learning untuk semua jurusan di SMK N 2 Pariaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap penggunaan e-learning di SMK N 2 Pariaman dengan menggunakan metode End User Satisfaction (EUCS). Teknologi informasi yang dapat menimbulkan pengaruh perubahan pada setiap elemen kehidupan yang meliputi setiap bidang ilmu dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi khususnya dunia pendidikan telah banyak mengeluarkan hal-hal baru yang membantu proses pendidikan. Sampel penelitian adalah siswa dan guru SMK N 2 Pariaman yang terdiri dari 78 responden siswa dan 15 responden guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menyebarkan angket kepada siswa dan guru sebagai pengguna. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam metode EUCS secara bersama-sama memberikan kontribusi signifikan 56% terhadap kepuasan pengguna (mahasiswa) dan 88. 9% terhadap kepuasan pengguna (guru) e-learning di SMK N 2 Pariaman. Dalam pencapaian penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penyelenggaraan e-learning dalam rangka peningkatan kualitas e-learning di SMK N 2 Pariaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.