Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Kamera dan Lensa pada Materi Ajar Fotografi Menggunakan Teknologi Augmented Reality di SMK N 2 Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Liza Ramadhani
Vera Irma Delianti

Abstract

Rancang bangun media pembelajaran fotografi berbasis augmented reality ini memiliki tujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran Fotografi untuk mempermudah mempelajari materi Pengenalan Kamera dan Lensa, (2) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality, 3) Menghasilkan Aplikasi media pembelajaran yang dapat dijalankan melalui smartphone dengan platform android. Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Pemanfaatan media pembelajaran dengan Augmented Reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar serta minat peserta didik dalam belajar karena dalam Augmented Reality sendiri memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar dan bermain serta memproyeksikannya secara nyata dan melibatkan interaksi seluruh panca indera peserta didik. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada prinsipnya adalah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata kemudian memproyeksikanya. Media pembelajaran ini menggabungkan Buku teks dengan teknologi Augmented Reality. Marker yang terdapat pada buku teks akan ditangkap oleh kamera mobile device, diproses dan akan tampil animasi 3D dari jenis-jenis kamera dan lensa pada layar handphone secara realtime. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE, metode ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, desain, development, implementasi, evaluasi. Pada penelitian ini metode ADDIE tahapan nya dibatasi sampai tahapan development. Dalam perancangan media pembelajaran fotografi ini pembuatan aplikasi menggunakan software unity dan blender, untuk manajemen data base mnggunakan vuforia. Hasil akhir penelitian ini berupa media pembelajaran pada materi ajar fotografi berbasis Augmented Reality. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
L. Ramadhani and V. Delianti, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Kamera dan Lensa pada Materi Ajar Fotografi Menggunakan Teknologi Augmented Reality di SMK N 2 Pariaman”, JAVIT, vol. 2, no. 1, pp. 1-8, Feb. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.