Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 di SMK Negeri 6 Bungo
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Covid-19 telah mendorong berbagai sektor kehidupan dilaksanakan secara online termasuk pada sektor pendidikan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Google Sites dalam pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Desain ini digunakan untuk mengukur besar pengaruh dan relevansi media pembelajaran berbasis Google Sites terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik & Elektronika (DLE) jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Bungo tahun ajaran 2020/2021 pada masa Covid-19. Hasil penelitian memperoleh bahwa validasi ahli media mendapat nilai 0,786 dan validasi ahli materi 0,839. Pratikalitas produk 86,17% dari guru dan 83,82% siswa. Sedangkan pada efektivitas, kelas kontrol memperoleh 61,1% dan kelas eksperimen 88,2%. Analisis perbedaan hasil belajar didapatkan 1,994 dengan analisis effect size yaitu 1,26. Sehingga disimpulkan bawah media pembelajaran berbasis Google Sites itu valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar siswa di jurusan TEI mata pelajaran DLE di SMK Negeri 6 Bungo tahun ajaran 2020/2021.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] E. Tasrif, A. Mubai, A. Huda, and K. Rukun, “Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan aplikasi Ar_Jarkom pada mata kuliah instalasi jaringan komputer,” J. Konseling …, vol. 8, no. 3, pp. 217–223, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/534/297.
[3] N. Sudjana, Penelaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
[4] Depdiknas, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 20. 2003.
[5] M. Dimyati, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[6] R. Asyar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Jakarta: Gaung Persada Press, 2012.
[7] A. Huda et al., Media Animasi Digital Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill). Padang: UNP PRESS, 2020.
[8] N. Adijaya and L. . Santosa, “Persepsi mahasiswa dalam pembelajaran online,” 2018, pp. 105–107.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2018.
[10] S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.