Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK Negeri 1 Sijunjung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya prestasi akademik siswa yang terlibat dalam mata pelajaran informatika di kelas X. Beberapa faktor mempengaruhi hal ini, salah satunya adalah kecenderungan guru untuk menggunakan metode pengajaran berbasis ceramah dalam proses pembelajaran mereka. Di kelas X di SMK Negeri 1 Sijunjung, model pembelajaran berbasis masalah (PBL) bersama dengan individualisasi tim yang dibantu (TAI) menunjukkan dampak pada prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran informatika. Studi ini dilakukan menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Dua kelas contoh digunakan: kelas eksperimen (X TKJ), yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dikombinasikan dengan Individualisasi Tim Dibantu (TAI), dan kelas kontrol (X DKV), yang menggunakan pendekatan pembelajaran PBL. Untuk memilih sampel, teknik sampling purposive digunakan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan esai. Hasil tes hipotesis dilakukan pada data menggunakan SPSS 25 untuk menguji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan nilai thitung 2,695 lebih besar dari nilai ttabel 1,995 jadi hasil akhir
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.