Pengaruh Penggunaan Network Simulator Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian TJKT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Network Simulator terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian TJKT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TJKT SMK N 1 Batusangkar tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh.Pada penelitian ini siswa kelas XI TJKT dibagi kedalam dua group yaitu group kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 17 orang. Teknik pengumpulan data berupa pretest – posttest,observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI TJKT pada group satu yang menggunakan media network simulator lebih baik dibandingkan dari pada group dua tanpa media network simulator . Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil rata-rata posttest untuk group satu adalah sebesar 82.72 sedangkan rata-rata posttest untuk group dua adalah sebesar 75.37. Dari hasil uji independent sample test didapatkan nilai sig.(2 tailed) pada posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah sebesar 0.023 dengan taraf signifikan 5% sehingga 0.049 < 0.05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi : ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan network simulator terhadap hasil belajar siswa kelas XI TJKT SMK N 1 Batusangkar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] Ariawal, D., & Purbo, O. W. (2016). Simulasi jaringan komputer dengan Cisco packet tracer. Jakarta :PT Elex Media Komputindo
[3] Syam Suhendi, dkk. (2022). Belajar dan Pembelajarann.Yayasan kita menulis
[4] Fauzi Rahmad, D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Cisco packet tracer Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Tkj Pada Mata Pelajaran Jaringan Berbasis Luas (Wan) Di Smk Negeri 1 Sipirok. 1(3), 1–7.Sukril
[5] Jennah Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press
[6] Syarifuddin, M. P., & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Palembang : Bening Media Publishing
[7] Wirawan,A.B., & Eka,I. (2004). Mudah Membangun Simulasi dengan Network Simulator-2 (NS-2). Yogyakarta:Andi
[8] Hadi, S., & Purmadi, A. (2019). Pengaruh Media Packet tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, (2), 83-93
[9] Rokim, M. N., & Naiggolan, E. R. (2021). Pemanfaatan Manajemen Jaringan Menggunakan Virtual Local Area Network (VLAN) pada PT. Jantra Reka Saksanamas Cengkareng Timur Jakarta Barat. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 11-17.
[10] Nana Sudjana.(2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[11] Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
[12] Telaumbanua, A. (2022). Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 29-34
[13] Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta
[14] Quraisy, A. (2020). J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology.
[15] Usman Husaini & R Purnomo. (2020). Pengantar Statistika Cara Mudah Memahami Statistika. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara