Rancang Bangun Virtual Lab Pada Materi Pembelajaran Kenaikan Titik Didih Larutan Pada Pratikum Kimia I
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Virtual Laboratory pada materi pembelajaran kenaikkan titih didih larutan pada mata kuliah praktikum Kimia Fisika I yang berbasis Augmented Reality. Penggunaan aplikasi ini ditujukan untuk Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kimia Fisika I pada jurusan kimia di Universitas Negeri Padang. Dalam merancang aplikasi AR, metode yang digunakan yaitu metode MDLC. MDLC (Multimedia Development Life Cycle) menjadi landasan utama dalam pengembangan aplikasi ini. Tahapan ini meliputi concept, design, obtaining content material, assembly, testing, distribution . Variabel penelitian mencakup uji validitas dan praktikalitas sistem. Pengukuran variabel menggunakan angket dengan skala pengukuran likert. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa aplikasi vitual lab yang dirancang dengan metode MDLC memiliki hasil uji kevalidan ahli media yang diujikan kepada 2 ahli menunjukkan bahwa media Virtual Lab berbasis Augmented Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai Aiken’s V 0,83 dan kevalidan ahli materi yang diujikan kepada 2 ahli menunjukkan bahwa Virtual Lab berbasis Augmented Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai Aiken’s V 1,00 dan media pembelajaran interaktif secara keseluruhan sebesar 88% termasuk dalam kategori sangat praktis. Tersedianya aplikasi laboratorium kimia virtual berbasis augmented reality yang dirancang sesuai pedoman praktik untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk memperluas pengetahuan dalam praktik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.