Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Snake Ladder Qr Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKJ

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yelfifa Wulandari
Vera Irma Delianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) berbantuan media snake ladder qr code terhadap hasil belajar siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 5 Padang jurusan Teknik Komputer Jaringan yang berjumlah 64 orang yang terbagi atas kelas uji coba soal dan kelas kontrol serta kelas eksperimen. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan banyak siswa yang mendaptakan nilai tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 90,19 dan kelas kontrol 54,38. Dari hasil uji hipotesis, hipotesis yang diajukan diterima dan dapat disimpulkan dari hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe  teams games tournament (tgt) berbantuan media snake ladder qr code terhadap hasil belajar siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 5 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
Y. Wulandari and V. Delianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Snake Ladder Qr Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKJ”, JAVIT, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, Mar. 2024.

References

[1] A. A. S. Ria Ratna Sari, Ade Pratama, “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 409–412, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.

[2] Uno Hamzah B., Nurdin Mohamad. (2022). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM :Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara

[3] J. Gasperz, C. Sososutiksno, and R. J. D. Atarwaman, “Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Praktikum,” J. Maneksi, vol. 8, no. 2, pp. 261–267, 2019, doi: 10.31959/jm.v8i2.354.

[4] I. Wulandari, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 17–23, 2022, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.

[5] J. Cakrawala, P. Vol, and E. Januari, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD,” vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2019.

[6] N. W. B. Amran Yahya, “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament(TGT) dengan aplikasi QRcode terhadap hasil belajar matematika,” vol. 5, pp. 90–100, 2019, doi: 10.29407/jmen.v5i01.12023.

[7] A. M. Astari, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Pattallassang Kab. Gowa,” 2019.

[8] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta, 2019.

[9] Saat Sulaiman, Sitti Mania. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian : Panduan Bagi Peneliti Pemula. Gowa, Sulawesi Selatan : Pusaka Almaida

[10] Roflin Eddy, Iche Andriyani Liberty dan Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan : NEM

[11] Sa, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 28–35.

[12] Muthmainnah, M., Suhar, S., & Samparadja, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pasarwajo. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 57. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8269

[13] Usman, M. L. L., & Gustalika, M. A. (2022). Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone. Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), 9(1), 19–24. https://doi.org/10.33019/jurnalecotipe.v9i1.2805

[14] Mardiyah, A., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2020). Pengujian Instrumen Rotational Dynamics Conceptual Survey Dalam Mengkaji Perubahan Konseptual Siswa Smk Pada Konsep Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 173–182. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11897

[15] Arrohmah, N., & Makruf, I. (2024). Item Analysis of Multiple Choice Questions of Nahwu Class XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Nahwu Kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo. 3(1), 60–75. https://doi.org/10.61630/crjis.v3i1.44

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.