Studi Literature Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Sekolah Kejuruan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penulisan adalah untuk menjelaskan bagaimana Moodle dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran yang mendukung praktikum, dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang terus berkembang. Penggunaan Moodle sebagai platform pembelajaran di sekolah kejuruan dianggap relevan dalam menghadapi era globalisasi, di mana teknologi dan informasi menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Keunggulan Moodle mencakup fitur-fitur yang dapat meningkatkan aksesibilitas peserta didik terhadap bahan ajar, sejalan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis beberapa artikel yang terkait dengan topik pembelajaran berbasis Moodle di sekolah kejuruan. Dengan melakukan analisis tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Moodle memudahkan peserta didik untuk mengakses bahan ajar dengan lebih mudah dan fleksibel. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Moodle sebagai media pembelajaran memberikan solusi yang efektif untuk meningkatkan aksesibilitas peserta didik terhadap bahan ajar. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran berbasis Moodle di sekolah kejuruan dapat dianggap sebagai langkah yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pembelajaran pada masa kini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang,” J. Fak. Tek. Kuningan, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, May 2021.
[3] B. M. Mashis, A. H. Aksa, A. Muayyanah, and M. K. Satriya, “Komunikasi Digital dan Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan,” Muashir J. Dakwah Dan Komun. Islam, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2023, doi: 10.35878/muashir.v1i2.916.
[4] S. Hadi, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pendidikan Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo,” diploma, IAIN Ponorogo, 2023. Accessed: Jan. 04, 2024. [Online]. Available: https://etheses.iainponorogo.ac.id/26588/
[5] H. Salsabila, K. Nurnazhiifa, and Y. T. Herlambang, “Pendidikan & Teknologi: Studi Filsafat dalam Perspektif DON IHDE,” Seroja J. Pendidik., vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2024, doi: 10.572349/seroja.v3i1.1604.
[6] S. Said, “Peran Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Era Abad 21,” J. PenKoMi Kaji. Pendidik. Dan Ekon., vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2023, doi: 10.33627/pk.62.1300.
[7] K.Adhetya. D. Alif. & Agus.S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle. Journal Of Mechanical Engineering Learning., 9 (1)., 5-914.
[8] F.Anni., D. Titen., (2021). Praktikalitas dan Efektifitas Pengembangan Mobile Learning erbasis Moodle pada Mata Pelajaran Pnegetahuan Bahan Makanan di Sekolah Menengah kejuruan. Edukatif : Jurnal ilmu Pendidikan. 3(5)., 2198-2199
[9] Arif R., M.,, Rini Y., (2019) Website Media Pembelajaran Matematika Berbasis moodle Platform. JOISIE Journal Of Information System And Informatics., 3(1).,9(9)
[10] R. Arif., M., & Y. Rini (2018) Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. 12 (2)., 181-183.
[11] R. Diantika., & R. Lusia. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis moodle pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronik kelas X TEI di SMK 3 Jombang. 6(1)., 104-104.
[12] M. Hamdi., K., M. Eka., &M. Sittati. (2020) Pengembangan media pembelajaran E-Learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi. Jurnal pendidikan teknik sipil (Jpensil). 9(1)., 59-60
[13] R. Indah., p., & S., Parulian., (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika model blended learning berbasis moodle. AKSIOMA: jurnal program studi pendidikan matematika., 10(1)., 217-218.
[14] H. Lovy., m.F., & Habibi. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis moodle pada matakuliah fisika dasar. Cakrawala pendidikan. 36(2)., 218-219.
[15] W. Meisya., S. Iva., & U., Herlina., (2022). Prima Magistra: jurnal ilmiah kependidikan. 3(1)., 13-15.
[16] P. Natasha., I.Elita. M., & W.,S. (2017). Pengembangan media pembelajaran E-Learning berbasis moodle pada pokok bahasan linkaran kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika., 5(2)., 129-131.
[17] I., Randy., D. Herman., & S. (2018). Pengembangan E-learning berbasis Moodle dalam peningkatan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal inovasi teknologi pendidikan. 5(1)., 9-11.
[18] Setyorini., S., P., M. Nan., (2017). Pengembangan media pembelajaran moodle. Jurnal penelitian pembelajaran fisika. 7(20), 159-160.
[19] Syahriningsih., Adnan., St. F., H. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran E-learning berbasis moodle di SMK. 11-12.
[20] R. Arumugam., T. Raamani., R. Mohan., N. Siti., & I. (2022) Investigating the influence of intrinsic motivation on behavioral intention and actual use of technology in moodle platforms. International journal of instruction. 15-(1)., 15-22
[21] B. Balazs., & F. Szabina. (2019). Complex Gamification platform based on moodle system. 16— International Conference on cognition and Exploratory learning in Digital Age (CELDA 2019). 412-412.
[22] H. Kennedy. (2021). Online competency based education framework using moodle LMS; A case of HEIs in Kenya. International Journal of education and development using information and communication technology (IJEDICT). 17-(1)., 204-206.
[23] G. Nadia. (2020). Moodle or Social Networks: what Alternative Refuge is appropriate to algerian EFL student to learn during covid-19 pandemic. Arab world english journal (AWEJ). 11-(3). 37-41.
[24] M. Nicholas., T. Nyarai., & C. Agnes. (2020). Integration of moodle into the classroom for better conceptual understanding of functions in mathematics. South african journal pf education. 40-(3). 12-14
[25] E. Rebecca., Q., & E. Charles. (2021). The use of learning managemant system (LMS) moodle in the midst of covid-19 pandemic: Students perspective. Journal of educational technology and online learning (JETOL). 4-(3). 427-431.
[26] Ø. Rikke., P. Sarra., K., K. Ditte., H. Rune., S., & J. (2021). Moodle and problem based learning: pendagogical design and contradictions in the activity system. Center for digital supported learning. 19-(3). 145-146.