Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Perangkat Komputer Berbasis Augmented reality Dalam Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMKN 1 Tanjung Raya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dio Rizki Andrian
Asrul Huda
Lativa Mursyida

Abstract

Tugas akhir ini menciptakan aplikasi media pembelajaran perangkat keras komputer dengan teknologi augmented reality (AR) untuk mata pelajaran Informatika di kelas X SMKN 1 Tanjung Raya. Pendekatan rekayasa perangkat lunak yang komprehensif diterapkan mulai dari analisis kebutuhan, perancangan sistem terstruktur, hingga implementasi. Aplikasi ini menyajikan konten pembelajaran interaktif melalui integrasi objek virtual 3D ke dunia nyata, memungkinkan siswa berinteraksi langsung dengan konsep abstrak dan mempercepat pemahaman tentang materi Informatika secara konkret. Survei di sekolah mengungkapkan keterbatasan akses fasilitas laboratorium komputer, hanya 90 siswa dari 358 yang dapat menggunakannya, mencerminkan tantangan serius dalam pembelajaran praktis. Oleh karena itu, tugas akhir ini muncul sebagai solusi yang relevan dan inovatif, merangkul konsep augmented reality untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif dan mengikatkan seluruh siswa. Harapannya, tugas akhir ini akan memberikan kontribusi berharga dalam evolusi teknologi pendidikan melalui solusi pembelajaran Informatika yang mutakhir. Dengan integrasi teknologi augmented reality, aplikasi ini membentuk paradigma pembelajaran yang baru, lebih interaktif, dan mendorong minat siswa secara optimal. Validitas aplikasi ini telah diuji dan terbukti dengan mencapai skor rata-rata sebesar 94%, mengonfirmasikan kualitas dan validitasnya. Melalui pengalaman pembelajaran yang diberikan, aplikasi AR ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan pada siswa kelas X di SMKN 1 Tanjung Raya, mengubah cara mereka memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep Informatika secara lebih baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
D. Andrian, A. Huda, and L. Mursyida, “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Perangkat Komputer Berbasis Augmented reality Dalam Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMKN 1 Tanjung Raya”, JAVIT, vol. 3, no. 3, pp. 124-132, Oct. 2023.

References

[1] A. Rulyansah, R. P. N. Budiarti, R. R. Mardhotillah, P. Mariati, and R. Nashirin, “Integrasi Augmented Reality pada Pembelajaran Online Jenjang Sekolah Dasar: Program Pengabdian Masyarakat,” Indones. Berdaya, vol. 3, no. 4, pp. 921–928, 2022, doi: 10.47679/ib.2022322.

[2] A. M. A. Saputra, K. Ramadhani, and S. Ramadhani, “Penggunaan Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Islam Makassar,” Tek. J. Pendidik. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 40–52, 2023.

[3] F. Rasam and A. I. C. Sari, “Pernah Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Seletan,” Res. Dev. J. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 95–113, 2018.

[4] I. D. Kurniawati and S. Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018, doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

[5] A. Huda et al., “Augmented Reality Technology as a Complement on Graphic Design to Face Revolution Industry 4.0 Learning and Competence: The Development and Validity,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 5, pp. 116–126, 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i05.20905.

[6] M. A. Pranata, G. S. Santyadiputra, and I. G. P. Sindu, “Rancangan Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, p. 256, 2018, doi: 10.23887/janapati.v6i3.11994.

[7] G. Y. Swara, “Pemanfaatan Visualisasi 3D Pada Multimedia Interaktif Dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah,” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, vol. 8, no. 1, pp. 19–24, 2020, doi: 10.21063/jtif.2020.v8.1.19-24.

[8] R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

[9] Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

[10] H. Septian, E. W. Hidayat, and A. Rahmatulloh, “Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, pp. 71–78, 2017, doi: 10.15575/join.v2i2.100.

[11] Y. Sumaryana and M. Hikmatyar, “Aplikasi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.36342/teika.v10i2.2381.

[12] Unang Achlison, “Analisis Implementasi Pengukuran Suhu Tubuh Manusia dalam Pandemi Covid-19 di Indonesia,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 13, no. 2, pp. 102–106, 2020, doi: 10.51903/pixel.v13i2.318.

[13] A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and H. Subandi, “Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 6, no. 2, pp. 135–141, 2021, doi: 10.54367/means.v6i2.1512.

[14] M. Arsyad and A. Hadi, “Pengembangan Media Interaktif Pemeliharaan Perangkat Komputer Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 4, pp. 12–19, 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i4.113988.

[15] D. R. D. Putri, M. R. Fahlevi, and F. A. Putri, “Implementasi Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Pada Website Pembelajaran Sistem Multimedia,” J. Ris. Sist. Inf. Dan Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 70–81, 2023, [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik

[16] B. Setiawan, N. Prihartini, and N. Sitompul, “Media Pembelajaran Interaktif Perakitan Komputer Dasar Untuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan,” Scan J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. XVII, no. 2, pp. 1–5, 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.