Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Sistem Pernapasan Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Tingkat SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rentika Oktrilani
Vera Irma Delianti
Bayu Ramadhani Fajri
Agariadne Dwinggo Samala

Abstract

Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran daring terjadi karena kurangnya peralatan praktek biologi, terutama terkait dengan sistem pernapasan, yang tidak tersedia di rumah mereka. Oleh karena itu, penulis berkeinginan untuk mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis augmented reality untuk materi sistem pernapasan dalam mata pelajaran Biologi tingkat 11 MIPA SMA. Tujuan dari aplikasi ini adalah memberikan pembelajaran tentang sistem pernapasan dalam mata pelajaran Biologi kelas 11 MIPA. Aplikasi ini akan dirancang menggunakan metode Development Life Cycle (MDLC). Augmented reality dalam aplikasi ini akan dibuat dengan metode markerless berbasis Android, dengan Unity sebagai platform pengembangan perangkat lunak dan Blender 3D sebagai perangkat lunak untuk membuat objek 3D dari organ pernapasan. Editor teks yang digunakan untuk scripting Unity adalah Visual Studio Code dengan bahasa pemrograman C#. Pembuatan ikon menu menggunakan perangkat lunak Paint Tool SAI. Aplikasi ini bertujuan untuk memperkenalkan materi pembelajaran Biologi tentang sistem pernapasan kepada siswa kelas 11 MIPA.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
R. Oktrilani, V. Delianti, B. Fajri, and A. Samala, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Sistem Pernapasan Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Tingkat SMA”, JAVIT, vol. 3, no. 2, pp. 79-86, Jun. 2023.

References

[1] P. J. Rohim, Iim Abdul, “Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Pengajaran Teknik Elektronika,” VOTEKNIKA, vol. 7(3), pp. 129–135, 2019.

[2] & R. Adyani, L., Agustini, R., “Pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media animasi interaktif berbasis game edukasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa,” Penelit. Pendidik. Sains, vol. 4(2), pp. 648–657, 2015.

[3] N. Febriyanti, “Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5(1), pp. 1631–1638, 2021.

[4] Musfiqon, Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta. Jakarta: Prestasi Prestasi Pustaka Karya, 2012.

[5] S. Mashuri, Media Pembelajaran Matematika. 2019.

[6] E. Wibowo, “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker,” Univ. Islam Negeri, 2018.

[7] A. Sugini, E. H. N., & Basit, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi terhadapMinatBelajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Alimuddin KabupatenProbolinggo,” J. IlmiahMimbar Demokr., no. 19(2), pp. 28–31, 2020.

[8] L. Latifah, N., & Lazulva, “Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis VideoAnimasiPowtoon Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur,” JournalEducation Chem., vol. 2(1), pp. 26–31, 2020.

[9] H. I. Andriyani, Dewi, & Zulfitria, “(Andriyani, Dewi, & Zulfitria, 2020:173),” (Andriyani, Dewi, & Zulfitria, 2020:173), vol. 4(2), pp. 553–561, 2021.

[10] R. T. Azuma, ““A survey of augmented reality,” Presence Teleoperators Virtual Env., vol. 6, pp. 355–385, 1997.

[11] H. Kaufmann, “Collaborative Augmented Reality in Education,” Educ. Inf. Technol., pp. 263–276, 2002.

[12] A. Safryadi, . “Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Melalui Media Gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara,” J. Ilm. Biol. Teknol. dan Kependidikan, vol. 4(2), pp. 143–148, 2016.

[13] H. M. Mauludin, Rizqi, Anggi Srimurdianti Sukamto, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi,” JEPIN, vol. 3(2), pp. 117–123, 2017.

[14] I. B. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality (Ar) Menggunakan Unity 3d Dan Vuporia,” J. Ilm. Ilmu Komput. Univ. Udayana, vol. 9(1), pp. 1–5, 2016.

[15] B. Thomas, Emerging technologies of augmented reality Interfaces and design. Hershey: Idea Group, 2007.

[16] I. Suja, Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya. PT RajaGrafindo Persada, 2020.

[17] Widya Noventari, “Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara,” J. Pemikir. Dan Kewaganegaraan, vol. 15(1), pp. 83–91, 2020.

[18] D. K. Hamzah, Saidina, “Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality pada Platform Android,” VOTEKNIKA, vol. 7(3), pp. 147–157, 2019.

[19] A. Y. & P. R. Permana, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land PROSPEROUS Berbasis Mobile,” SIGMA-Jurnal Teknol. Pelita Bangsa, vol. 10(2), p. 155, 2019.

[20] S. Prasetyo, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android,” JMIE, vol. 1(1), pp. 121–140, 2017.

[21] D. T. Surahman, Ritman Ishak Paudi, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkahiraat Towera”. Jurnal Kreatif Tadulako Online,” J. Kreat. Tadulako Online, vol. 3(4), pp. 92–107, 2015.

[22] N. D. Kurnia, Reni, Huda, Asrul, “Pengembangan Media Interaktif Magicbook Berbasis Augmented Reality Android pada Mata Diklat Menerapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC,” VOTEKNIKA, vol. 3(1), pp. 31–38, 2015.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.