Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Snake Ladder Qr Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKJ

Authors

  • Yelfifa Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Vera Irma Delianti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/javit.v4i1.169

Keywords:

cooperative learning, teams games tournament, snake ladder qr code, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) berbantuan media snake ladder qr code terhadap hasil belajar siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 5 Padang jurusan Teknik Komputer Jaringan yang berjumlah 64 orang yang terbagi atas kelas uji coba soal dan kelas kontrol serta kelas eksperimen. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan banyak siswa yang mendaptakan nilai tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 90,19 dan kelas kontrol 54,38. Dari hasil uji hipotesis, hipotesis yang diajukan diterima dan dapat disimpulkan dari hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe  teams games tournament (tgt) berbantuan media snake ladder qr code terhadap hasil belajar siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 5 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. A. S. Ria Ratna Sari, Ade Pratama, “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 409–412, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.

Uno Hamzah B., Nurdin Mohamad. (2022). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM :Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara

J. Gasperz, C. Sososutiksno, and R. J. D. Atarwaman, “Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Praktikum,” J. Maneksi, vol. 8, no. 2, pp. 261–267, 2019, doi: 10.31959/jm.v8i2.354.

I. Wulandari, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 17–23, 2022, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.

J. Cakrawala, P. Vol, and E. Januari, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD,” vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2019.

N. W. B. Amran Yahya, “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament(TGT) dengan aplikasi QRcode terhadap hasil belajar matematika,” vol. 5, pp. 90–100, 2019, doi: 10.29407/jmen.v5i01.12023.

A. M. Astari, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Pattallassang Kab. Gowa,” 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta, 2019.

Saat Sulaiman, Sitti Mania. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian : Panduan Bagi Peneliti Pemula. Gowa, Sulawesi Selatan : Pusaka Almaida

Roflin Eddy, Iche Andriyani Liberty dan Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan : NEM

Sa, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 28–35.

Muthmainnah, M., Suhar, S., & Samparadja, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pasarwajo. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 57. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8269

Usman, M. L. L., & Gustalika, M. A. (2022). Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone. Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), 9(1), 19–24. https://doi.org/10.33019/jurnalecotipe.v9i1.2805

Mardiyah, A., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2020). Pengujian Instrumen Rotational Dynamics Conceptual Survey Dalam Mengkaji Perubahan Konseptual Siswa Smk Pada Konsep Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 173–182. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11897

Arrohmah, N., & Makruf, I. (2024). Item Analysis of Multiple Choice Questions of Nahwu Class XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Nahwu Kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo. 3(1), 60–75. https://doi.org/10.61630/crjis.v3i1.44

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

[1]
Y. Wulandari and V. I. Delianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Snake Ladder Qr Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKJ”, JAVIT, vol. 4, no. 1, pp. 1–9, Mar. 2024.