Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi “Studi Kasus MAS TI Canduang dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom”

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ardian Syah
Elfi Tasrif

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak pada dunia pendidikan sehingga proses belajar dilakukan secara online. Media yang paling sering digunakan dalam proses belajar secara online  adalah google classrom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem belajar secara online dengan media google classroom yang dilakukan oleh MAS TI Canduang Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian wawancara online dengan menggunakan google form. Analisa data digunakan dengan tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Diperoleh bahwa dengan adanya media google classrom memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran secara online, namun masih kurang efektif. Perlunya media online tambahan seperti aplikasi zoom yang dapat melakukan conference secara massal agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
A. Syah and E. Tasrif, “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi ‘Studi Kasus MAS TI Canduang dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom’”, JAVIT, vol. 1, no. 1, pp. 12-17, Feb. 2021.

References

Nizam and J. Aris, “Panduan Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa dengan Disabilitas Fisik,” 2009.

[2] O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “PembelajarHandarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020.

[3] F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

[4] I. Suhada et al., “Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19,” Digit. Libr. UIN Sunan Gunung Jati, vol. 2019, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/.

[5] Z. Hammi, “‘Implementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus,’” Skripsi, pp. 1–58, 2017, [Online]. Available: https://lib.unnes.ac.id/31039/.

[6] Nadia, SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE PADA ERA COVID-19. 2020.

[7] L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, and K. Heru, “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp.

[8] S. Sukmawati, “Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0,” J. Kreat. Online, vol. 8, no. 1, pp. 39–46, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15680.

[9] V. D. Wicaksono and P. Rachmadyanti, “Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Pendidik. PGSD UMS HDPGSDI Wil. Timur, pp. 513–521, 2016, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/9144.

[10] Mustakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.M. S. Dr. Ismael Nurdin, Dra. Sri Hartati, Metodologi Penelitian Sosial. 2019.

[11] M. S. Dr. Ismael Nurdin, Dra. Sri Hartati, Metodologi Penelitian Sosial. 2019.

[12] H. Ahyar et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2020.

[13] A. Marjuni and H. Harun, “Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 194, 2019, doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10015.

[14] N. Harefa and S. Sumiyati, “Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19,” Sci. Educ. Appl. J., vol. 2, no. 2, p. 88, 2020, doi: 10.30736/seaj.v2i2.270.

[15] T. Belawati, Pembelajaran Online. 2019

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.