Penggunaan Multimedia Interaktif dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ernal Nofiandri

Abstract

Tujuan dari penulisan Best Practice ini untuk mendiskripsikan penggunaan multimedia interaktif dan augmented reality yang dapat meningkatkan minat/motivasi peserta didik pada proses pembelajaran sehingga pencapaian hasil belajar menjadi lebih baik dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman terhadap materi pelajaran serta memberikan dampak positif terhadap penggunaan alat-alat teknologi informasi seperti komputer dan smartphone yang dimiliki siswa. Best practice ini menggunakan metode dan strategi pemecahan masalah. Pada penggunaan multimedia interaktif dan augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil nyata dan signifikan bahwa terjadi peningkatan minat/motivasi peserta didik dalam belajar dan meningkatnya hasil belajarnya pada kompetensi sistem kelistrikan peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) pada  SMK Negeri 1 Calang

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
E. Nofiandri, “Penggunaan Multimedia Interaktif dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan”, JAVIT, vol. 2, no. 2, pp. 76–83, Aug. 2022.

References

[1] N. Iksan and D. Djuniadi, “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak,” ITEJ (Information Technol. Eng. Journals), vol. 2, no. 1, pp. 36–39, 2017, doi: 10.24235/itej.v2i1.15.

[2] A. Hidayat, “Best Practice ‘Multimedia Interaktif,’” 2014. http://pemerhatipendidikangowa.blogspot.com/2013/02/best-practice-multimedia-interaktif.html

[3] T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

[4] D. H. M, Strategi Belajar Mengajar, 10th ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.

[5] D. Avianty and D. A. S. Cipta, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah Untuk Mendayagunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Sekolah Dasar,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, p. 237, 2018, doi: 10.24127/ajpm.v7i2.1503.

[6] Y. Hari, D. Darmanto, Y. Widianto, and ..., “Pengembangan Media Interaktif berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pembelajaran dalam Pandemi COVID-19 di SMK,” Proceeding KONIK …, pp. 127–131, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/36

[7] Ariasdi, “Multimedia Dalam Dunia Pendidikan,” 2009. ttps://ariasdimultimedia.wordpress.com/2009/03/16/multimedia-dalam-dunia-pendidikan/

[8] A. S. Hendra Jaya, Mantasia, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality,” Multimed. Pembelajaran Interaktif Berbas. Augment. Real., pp. 419–421, 2014.

[9] Ernal Nofiandri, “Penerapan Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Indones. J. Educ. Dev., vol. 1, no. 4, pp. 661–673, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4560768.

[10] Yusrizal, Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar !st Ed. Yogyakarta: Pale Media Prima, 2016.

[11] S. Saroh, Tutorial Membuat Media Pembelajaran 4.0, 1st ed. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru, 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.