Pengembangan Modul Ajar Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Video di SMK N 1 Batipuh

Authors

  • Aulia Oktamelani S1 Pendidikan Teknik elektronika
  • Thamrin Thamrin Universitas Negeri Padang
  • Deslina Faiza Universitas Negeri Padang
  • Sartika Anori Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/javit.v4i3.237

Keywords:

Teaching Module, Independent Curriculum, 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Ajar Penerapan Rangkaian Elektronika yang valid dan praktis bagi peserta didik kelas XI Teknik Audio Video.Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Model 4D ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu define(pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Setelah menganalisis kebutuhan di lapangan, peneliti merancang Modul Ajar yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan media menggunakan lembar angket validasi. Setelah Modul Ajar valid, Modul Ajar  diuji praktikalitasnya dengan  menggunakan angket lembar praktikalitas respon  peserta didik yang diisi oleh peserta didik kelas XI TAV sebanyak 20 orang peserta didik.

Hasil dari penelitian pengembangan Modul Ajar yang divalidasi diperoleh hasil penilaian dari validator dengan rata-rata 91.5% dengan kategori sangat valid. hasil uji praktikalitas memperoleh hasil dengan persentase 85,75% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian Modul Ajar Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Video di SMK N 1 Batipuh sudah dinyatakan valid  dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-25

How to Cite

[1]
A. Oktamelani, T. Thamrin, D. Faiza, and S. Anori, “Pengembangan Modul Ajar Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Video di SMK N 1 Batipuh”, JAVIT, vol. 4, no. 3, pp. 155–159, Aug. 2024.