Rancang Bangun Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Kendali Industri

Authors

  • Muhammad Al Ihsan Universitas Negeri Padang
  • Delsina Faiza Universitas Negeri Padang
  • Efrizon - Universitas Negeri Padang
  • Ika Parma Dewi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/javit.v4i2.177

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Canva, ADDIE, Sistem Kendali Industri, Teknik Elektronika Industri

Abstract

Multimedia interaktif adalah solusi efektif yang membuat pengguna berperan aktif dalam proses belajar-mengajar. Multimedia interaktif bertujuan dalam meningkatkan pengalaman pengguna, memfasilitasi proses belajar, dan membantu dalam pengembangan keterampilan. Metode yang diterapkan dalam perancangan media menerapkan model ADDIE, yang mengikutsertakan pada tahap (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Padang. Penilaian kelayakan media ini dilakukan melalui validitas ahli media dan ahli materi. Uji praktikalitas dilaksanakan oleh sekelompok kecil, yaitu lima orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan rancangan media pembelajaran multimedia interaktif untuk mata pelajaran Sistem Kendali Industri di SMK Negeri 1 Padang menggunakan aplikasi Canva. Penilaian yang dikerjakan oleh dua ahli materi menghasilkan persentase sekitar 89% pada  penilaian seluruh aspek, yang dikelompokan “Sangat Layak”. Penilaian yang dikerjakan oleh dua ahli media menghasilkan persentase sekitar 95% pada penilaian seluruh aspek, yang dikelompokan “Sangat Layak”. Pengujian praktikalitas yang  dilaksanakan sebagian 5 siswa di SMK Negeri 1 Padang kelas XI di jurusan Teknik Elektronika Industri memperoleh persentase 93% berdasarkan penilaian siswa dalam hal seluruh aspek juga dikelompokan “Sangat Praktis”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

[1]
M. A. Ihsan, D. Faiza, E. -, and I. P. Dewi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Kendali Industri”, JAVIT, vol. 4, no. 2, pp. 97–103, Jun. 2024.