Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Matakuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan ADDIE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Junia Mawarni
Yeka Hendriyani

Abstract

Pengembanagn Media Pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran E-Modul interaktif pada mata kuliah Pemrograman Visual Jurusan Teknik Elektronika Universitas Negeri Padang..Software yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran E-Modul ini yaitu software sigil, yang merupakan software editor untuk EPUB yang bersifat open source. Jenis metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode pengembangan ADDIE. Ada 3 tahap metode pengembangan ADDIE yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini yaitu 1)Analisis, 2) desain, 3) perancangan. Pada tahap perancangan dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan juga ahli media, berdasarkan penilaian, saran dan juga komentar yang didpat setelah dilakukan uji validasi maka dilakukan perbaikan terhadap media yang dikembangkan sehingga dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran E-Modul interaktif yang valid pada matakuliah Pemrograman Visual.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
J. Mawarni and Y. Hendriyani, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Matakuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan ADDIE”, JAVIT, vol. 1, no. 3, pp. 79-88, Oct. 2021.

References

[1] Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111–121.

[2] Delianti, V. I., Hendriyani, Y., & Marta., R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Menggunakan Project Based Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2): 50-54.

[3] Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

[4] Imansari, N., Suryanintinningsih, Ina. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2 (1): 11-16.

[5] Laili, Ismail., dkk. (2019). Efektivitas Pengembangan EModul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3): 306-315.

[6] Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education.

[7] Pane, Apriadi. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

[8] Purnamasari, N. L. (2020). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30.

[9] Putra, K,W,B.,dkk.(2017) .Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,14(1),40-49.

[10] Sari, A. S. (2016). The Development of Digital Book through Sigil Application in Cookies dan Candys Lessons. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54.

[11]Syarifudin, A,S.(2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,5(10),31-34.

[12] Wijayanti, K., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Bank Dan Sistem Pembayaran Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas X . Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 1-14.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.