Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Rao Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Uswatun Hasanah Nasution
Delsina Faiza

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran dasar-dasar elektronika pada siswa TAV kelas X SMKN 1 Rao Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent controlled design. siswa yang telah memenuhi uji normalitas, uji homogenitas, uji beda pretest dan posttest. Kedua kelompok mendapat perlakuan yang berbeda, yaitu kelompok eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran Augmented Reality dan kelompok kontrol mendapat pembelajaran problem based learning. Setelah diberikan perlakuan, kedua kelompok akan melakukan post-test untuk memastikan sejauh mana hasil belajar siswa. Penggunaan media belajar berbasis Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar Elektronika Dasar siswa X TEI di SMK Negeri 1 Rao Selatan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
U. Nasution and D. Faiza, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Rao Selatan”, JAVIT, vol. 4, no. 2, pp. 119 - 126, Jun. 2024.

References

[1] A. Akbar and N. Noviani, “Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Program Pascasarj. Univ. Pgri Plb., vol. 2, no. 1, pp. 18–25, 2019.

[2] I. W. Ningsih, U. Ulfah, A. Mayasari, and O. Arifudin, “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” J. Tahsinia, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2024, doi: 10.57171/jt.v5i1.203.

[3] Y. Intaniasari, R. D. Utami, E. Purnomo, and A. Aswadi, “Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar,” Bul. Pengemb. Perangkat Pembelajaran, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2022, doi: 10.23917/bppp.v4i1.19424.

[4] N. S. Fadhila, S. Winarni, A. Kumalasari, M. Marlina, and R. Rohati, “Desain Modul Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, Art. no. 3, Nov. 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2654.

[5] M. Makbul, “Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian,” Jun. 15, 2021, OSF. doi: 10.31219/osf.io/svu73.

[6] E. Wahyuningsih, B. H. C. Khosiyono, B. H. Cahyani, and A. F. Nisa, “Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Vi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Dalam Materi Solar System,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2024, doi: 10.23969/jp.v9i1.11869.

[7] M. Saadah, Y. C. Prasetiyo, and G. T. Rahmayati, “STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF,” Al-Adad J. Tadris Mat., vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2022, doi: 10.24260/add.v1i2.1113.

[8] M. Mahmudah and A. Susilo, “PENILAIAN IDEAL DAN EVALUASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB,” Proc. Int. Conf. Islam. Civiliz. Humanit., vol. 2, pp. 842–855, Jun. 2024.

[9] M. R. Umami, H. J. Saputra, and K. Kiswoyo, “Efektifitas Pembelajaran Melalui Steam Pada Kurikulum Merdeka Di Sdn Palebon 01 Semarang,” J. Wawasan Pendidik., vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Sep. 2023, doi: 10.26877/wp.v3i2.16277.

[10] M. Y. Abigail and I. G. L. P. E. Prismana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Fotografi Di SMK Negeri 1 Singgahan,” IT-Edu J. Inf. Technol. Educ., vol. 9, no. 2, pp. 139–146, Jul. 2024.

[11] A. Nurhidayah, “Pengaruh Virtual Reality (VR) Berbantuan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains,” bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2024. Accessed: Jul. 29, 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/77793

[12] Z. Zainudin, S. Ruqoiyyah, R. Sucilestari, and D. Hidayati, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 2, Art. no. 2, May 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i2.2085.

[13] R. A. Permana and D. Ikasari, “Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19,” Semnas Ristek Semin. Nas. Ris. Dan Inov. Teknol., vol. 7, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2023, doi: 10.30998/semnasristek.v7i1.6238.

[14] M. P. Siahaan, S. Saragih, and M. Simanjuntak, “Pengaruh Media Visual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI PMIA SMA Negeri 3 Pematang Siantar,” JISPENDIORA J. Ilmu Sos. Pendidik. Dan Hum., vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Nov. 2022, doi: 10.56910/jispendiora.v1i3.237.

[15] L. Zulfa, D. Ermawati, and L. A. Reswari, “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Kelas V,” Paedagoria J. Kaji. Penelit. Dan Pengemb. Kependidikan, vol. 14, no. 4, pp. 509–514, Oct. 2023, doi: 10.31764/paedagoria.v14i4.17448.

[16] M. Haryani, R. Wahyuningtyas, Z. N. Sakinah, and B. E. Susilo, “Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa,” PRISMA Pros. Semin. Nas. Mat., pp. 359–367, Feb. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.