Hubungan Minat dan Lingkungan Keluarga Terhadap Persepsi Karir Guru Pada Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sylvia Atifah Chania
Dedy Irfan
Efrizon Efrizon
Vera Irma Delianti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Minat dan Lingkungan Keluarga terhadap Persepsi Karir Sebagai Guru Pada Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektronika di Universitas Negeri Padang dengan populasi 132 mahasiswa angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan stratified random sampling sehingga sampel yang didapat sebanyak 100 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh variabel minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap persepsi karir sebagai guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika adalah 35,7% sedangkan sisanya sebesar 64,3% bisa dijelaskan melalui variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kemudian hasil penelitian besarnya pengaruh variabel minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap persepsi karir sebagai guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektronika adalah 47,8% sedangkan sisanya 52,2% dapat dijelaskan melalui variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
S. Chania, D. Irfan, E. Efrizon, and V. Delianti, “Hubungan Minat dan Lingkungan Keluarga Terhadap Persepsi Karir Guru Pada Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika UNP”, JAVIT, vol. 4, no. 1, pp. 62-69, Mar. 2024.

References

[1] M. M. Ramadhani et al., Manajemen Pendidikan. Deli Serdang Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023. Accessed: Mar. 13, 2024. [Online]. Available: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3196/

[2] H. Susanti, “Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, dan Mutu Pendidikan,” Asatiza J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 33–48, Jan. 2021, doi: 10.46963/asatiza.v2i1.254.

[3] H. Rohman, “Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru,” J. MADINASIKA Manaj. Pendidik. Dan Kegur., vol. 1, no. 2, pp. 92–102, 2020.

[4] N. Yuliani and N. T. Pratitis, “Minat Pada Profesi Guru, Semangat Kerja Dan Kreativitas Guru Taman Kanak-Kanak,” J. Psikol. Tabularasa, vol. 8, no. 1, Art. no. 1, 2013, doi: 10.26905/jpt.v8i1.219.

[5] B. Nasukah, “Urgensi Dan Prinsip Penerapan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis Pada Institusi Pendidikan,” Tarbiyatuna J. Pendidik. Ilm., vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2018.

[6] W. Jatirahayu, “Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan,” J. Ilm. Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, no. 0, Art. no. 0, Nov. 2013, doi: 10.21831/jig.

[7] D. L. Wenecia, “Pengaruh Persepsi Mengenai Paud Terhadap Minat Menjadi Guru Paud Pada Mahasiswa Piaud Angkatan 2021 Uin Raden Intan Lampung,” Diploma, Uin Raden Intan Lampung, 2023. Accessed: Mar. 23, 2024. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/23846/

[8] M. Masrotin and E. Wahjudi, “Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi,” J. Pendidik. Akunt. JPAK, vol. 9, no. 2, Art. no. 2, Jul. 2021, doi: 10.26740/jpak.v9n2.p178-189.

[9] D. Wahyuni and R. Setiyani, “Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 6, no. 3, Art. no. 3, 2017.

[10] A. Ardyani, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 3, no. 2, Art. no. 2, 2014, Accessed: Mar. 23, 2024. [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3861

[11] I. Trie Afdita, “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kesejahteraan Guru, Profesi Guru Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2018 Universitas Lampung.” Accessed: Mar. 23, 2024. [Online]. Available: https://digilib.unila.ac.id/67915/

[12] M. Rahman, “Peranan Serta Tantangan Profesional Guru Sebagai Sebuah Profesi,” Apr. 2021, doi: 10.31219/osf.io/7yj5n.

[13] “Peranan Guru Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Akhlak Murid Dari Aspek Hubungan Guru-Murid Berasaskan Abu Talib Al-makki (W.386h/996m) - ProQuest.” Accessed: Mar. 23, 2024. [Online]. Available: https://www.proquest.com/openview/6561ec3949848ff30df1b063ac3df0fa/1?cbl=2026366&diss=y&pq-origsite=gscholar&parentSessionId=T0%2F%2Fstq5QM0UUxczJzVFAwi6FnNq3jPcZw5BRd%2BFpVs%3D

[14] S. Haryawan, B. Muchtar, and R. Syofyan, “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Miinat Menjadi Guru,” J. Ecogen, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Oct. 2019, doi: 10.24036/jmpe.v2i3.7328.

[15] “Pengembangan Profesi dan Karir Guru | Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.” Accessed: Mar. 23, 2024. [Online]. Available: https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/339.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.