Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Joni Karnando
Indra Kurniawan Rezki
Elfi Tasrif

Abstract

Pandemic yang disebabkan oleh SARS-Cov-2 telah membuat penerapan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada dunia pendidikan. Menyikapi hal tersebut, beberapa item dalam sistem pembelajaran mesti disesuaikan dua di antaranya adalah media dan model pembelajaran. E-modul dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan solusi yang tepat untuk diterapkan pada kondisi pandemic ini.Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait penerapan kombinasi kedua solusi tersebut terhadap mata pelajaran Simulasi Digital di SMK dengan metode literatur review. Hasil yang diperoleh yaitu penerapan e-modul yang dikombinasikan dengan model pembelajaran PjBL dinilai efektif dalam peningkatan mutu belajar pada mata pelajaran Simulasi Digital. Artikel ini diharapkan dapat menunjang pembelajaran selama sistem pembelajaran PJJ.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
J. Karnando, I. Rezki, and E. Tasrif, “Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh”, JAVIT, vol. 1, no. 1, pp. 1 - 5, Feb. 2021.

References

[1] N. K. S. Astini, “Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19,” Lampuhyang, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.

[2] D. Munir and M. IT, “Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” Bandung Alf., 2009.

[3] A. Latip, “Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 108–116, 2020.

[4] N. Pazlina and U. Usmeldi, “Pengembangan E-Modul Dasar-dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Problem-Based Learning,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 71–74, 2020.

[5] N. P. A. Wijayanti, L. P. E. Damayanthi, I. M. G. Sunarya, and I. M. Putrama, “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 184–197, 2016.

[6] A. G. Prawiyogi, A. Purwanugraha, G. Fakhry, and M. Firmansyah, “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 01, pp. 94–101, 2020.

[7] I Lestari, Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata, 2013.

[8] Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

[9] M. Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

[10] Kemdikbud, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/Mts. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

[11] Rais, “PROJECT-BASED LEARNING: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills.,” digilib.unm.ac.id, 2010.

[12] A. Ramdhani, M. A. Ramdhani, and A. S. Amin, “Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach,” Int. J. Basic Appl. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 47–56, 2014.

[13] A. R. Purwanto and S. Lasmono, Pengembangan Modul. 2007

[14] E. Ronaldo and A. Aslimeri, “Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Course Review Horay,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 156–159, 2020.

[15] I. Laili, “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik,” J. Imiah Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 306–315, 2019.

[16] A. Astalini, D. Darmaji, W. Kurniawan, K. Anwar, and D. Kurniawan, “Effectivenes of Using E-Module and E-Assessment,” 2019.

[17] A. E. M. Cahyani, T. Mayasari, and M. Sasono, “Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2020.

[18] T. Laviatan, “Innovative Teaching and assessment Method: QBI and project based learning,” Math. Educ. Res. J., vol. 10, no. 2, pp. 105–116, 2008.

[19] I. K. A. Winaya, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. P. Sindu, “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 198–211, 2016.

[20] I. K. Priatna, I. M. Putrama, and D. G. H. Divayana, “Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 6, no. 1, pp. 70–78, 2017.

[21] E. A. Simarmata, G. S. Santyadiputra, M. C. ST, and D. G. H. Divayana, “Pengembangan E-Modul berbasis model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 2 Tabanan,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 93–102, 2017.

[22] K. D. Suantara, I. G. M. Darmawiguna, and N. Sugihartini, “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Tabanan,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 404–414, 2019.

[23] K. R. Winatha, D. R. N. Suharsono, and K. Agustini, “Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja,” J. Teknol. Pembelajaran Indones., vol. 8, no. 1, 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.