Hubungan Pemahaman Teaching Factory dan Employability Skills Terhadap Self Efficacy Serta Dampaknya Pada Kesiapan Technopreneurship di Era Digitalisasi Siswa SMKN di Kota Malang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitriyah Fitriyah
Setiadi Cahyono Putro
Yuni Rahmawati

Abstract

Lulusan SMK yang dipersiapkan untuk memasuki lapangan pekerjaan dalam bidang tertentu menjadi tenaga kerja maupun berwirausaha. Berbekal kemampuan dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi diharapkan lulusan SMK dapat memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga dapat dijadikan sebagai tuntutan agar dapat bekerja secara mandiri menjadi seorang technopreneurship. Tujuan penelitian ini mengungkapkan hubungan langsung dan hubungan tidak langsung antara pemahaman teaching factory (X1) dan employability skills (X2) terhadap self efficacy (Y) serta dampaknya pada kesiapan technopreneurship di era digitalisasi (Z). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN di Kota Malang yang telah menerapkan program teaching factory sejumlah 167 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil data angket yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas yang didapatkan dari skor nilai angket yang diisi oleh responden. Hasil penelitian didapatkan persamaan Y = Y = 0,371 X1 + 0,536 X2 + 0,326 dan persamaan Z = 0,223 X1 + 0,168 X2 + 0,531 Y + 0,29 yang artinya terdapat hubungan langsung antara X1 teradap Y; X2 terhadap Y; X1 terhadap Z; X2 terhadap Z; Y terhadap Z dan ada hubungan tidak langsung antara X1 melalui Y terhadap Z dan X2 melalui Y terhadap Z.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
F. Fitriyah, S. Putro, and Y. Rahmawati, “Hubungan Pemahaman Teaching Factory dan Employability Skills Terhadap Self Efficacy Serta Dampaknya Pada Kesiapan Technopreneurship di Era Digitalisasi Siswa SMKN di Kota Malang”, JAVIT, vol. 3, no. 3, pp. 140–148, Oct. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.