Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada LKS Fisika SMA Kelas XI Semester 1 Se-Kota Sungai Penuh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rivozha Alemda
Desniata Desniata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI di se-Kota Sungai Penuh melalui analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Fisika semester 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan 69 siswa dari 3 SMA di Kota Sungai Penuh sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui LKS yang telah disebar pada siswa dan wawancara dengan 3 guru Fisika di SMA yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada LKS Fisika kelas XI semester 1 yang digunakan di SMA di Kota Sungai Penuh sudah mengandung keterampilan berpikir kritis pada sajian isi LKS, tetapi masih berada pada kategori tidak memfasilitasi. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis tertinggi terdapat pada materi Elastisitas dengan presentase 16,6%, meskipun masih berada pada kategori tidak memfasilitasi, sedangkan keterampilan berpikir kritis terendah terdapat pada materi Rotasi Benda Tegar hanya sebesar 8,7% juga dengan kategori tidak memfasilitasi. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa melalui LKS yang lebih berkualitas dan memfasilitasi keterampilan berpikir kritis yang lebih baik. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan penggunaan LKS dan metode pembelajaran yang tepat dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan LKS dan metode pembelajaran yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di Kota Sungai Penuh, khususnya pada mata pelajaran Fisika.

 Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Analisis, LKS, Fisika, Kota Sungai Penuh, Kelas XI.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
R. Alemda and D. Desniata, “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada LKS Fisika SMA Kelas XI Semester 1 Se-Kota Sungai Penuh”, JAVIT, vol. 3, no. 1, pp. 39 - 46, Feb. 2023.

References

[1] R. H. Ennis, A Taxonomy Of Critical Thinking Dispositions And Abilities. New York: Freeman, 1987.

[2] D. Muliyati, Herga Marizka, and F. Bakri, “E-Learning Using Wordpress on Physics Materials with The 5E Learning Cycle Strategy,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 101–112, 2019, doi: 10.21009/1.05205.

[3] P. W. G. and R. F, “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Melalui Penggunaan LKS Fisika,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 9, no. 1, pp. 80–84, 2020.

[4] M. M., P. S. S., and Y. Kusnasdi, “Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Usaha dan Energi,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 97–104, 2019.

[5] S. Hartati, I. Hamidah, and R. A. R., “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Proyek pada Materi Optik Geometri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 9, no. 1, pp. 23–32, 2018.

[6] M. F., S. A., and Sarwanto, “Pengembangan LKS Fisika Berbasis Masalah dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 138–147, 2017.

[7] K. Al-Kodmany, “The vertical farm: A review of Developments and Implications for the vertical city,” Buildings, vol. 8, no. 24, pp. 1–36, 2018, doi: 10.3390/buildings8020024.

[8] A. M. Al-Mekhlafi and R. P. Nagaratnam, “Difficulties in teaching and learning grammar in an EFL context,” Int. J. Instr., vol. 4, no. 2, pp. 69–92, 2011, [Online]. Available: http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/contentdelivery/servlet/ERICServlet?accno=ED522689

[9] I. Kaniawati, N. J. Fratiwi, A. Danawan, I. Suyana, A. Samsudin, and E. Suhendi, “Analyzing students’ misconceptions about Newton’s Laws through Four-Tier Newtonian Test (FTNT),” J. Turkish Sci. Educ., vol. 16, no. 1, pp. 110–122, 2019, doi: 10.12973/tused.10269a.

[10] A. Habibi et al., “Greene.K.(2018). Transfable Digital Literacy Knowledge. The Language and Literacy Spectrum. 28-1. Retrieved from http://digitalcommons.buffalostate.edu,” Turkish Online J. Distance Educ., vol. 19, no. 1, pp. 46–61, 2018.

[11] A. A., Dwijanto, and H. W., “Developing Critical Thinking Skills in Physics Education,” J Phys Conf Ser, 2019.

[12] S. W, C. W. F., and K. K., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Phet Simulasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fisika,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 7–14, 2017.

[13] R. D., S. A., and C. C., “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Problem-Based Learning Pada Materi Listrik Dinamis,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 90–96, 19AD.

[14] Y. D., S. A., and Y. R. N., “The Effect of Inquiry Training Model on Critical Thinking Skills of High School Students in Dynamic Fluids,” J Phys Conf Ser, 2020.

[15] K. K., S. B., and R. R., “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Konteks Materi Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 63–70, 2019.

[16] Y. N., S. A., and W. S., “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 20–28, 2020.

[17] R. F., S. S, and R. S., “Pengaruh Strategi Problem Based Learning dengan Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik Geometri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 56–63, 2021.

[18] Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 1991.

[19] Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2017.

[20] Riduwan, Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta, 2012.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.