Penguatan Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Melalui Learning Management System (LMS) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Society 5.0

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Safri nanda Harahap
Miranda Simatupang
Liana Atika

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang pesat seiring dengan perubahan zaman. Teknologi juga berdampak signifikan pada sektor pendidikan sebagai alat bantu yang memudahkan proses pembelajaran dan pemahaman materi. Salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dan pemahaman materi adalah sebuah media yang berperan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media yang dimaksud di sini adalah Learning Management System (LMS), yang merupakan jenis platform pengelolaan konten online. LMS digunakan untuk menyampaikan materi pelatihan dan pendidikan kepada peserta didik, tenaga kerja, atau pengguna eksternal melalui Internet. Konsep dasar pemanfaatan teknologi adalah untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan atau keinginan melalui pengembangan teknologi. Dalam konteks pendidikan, secara tersirat Pendidikan Teknologi mengacu pada pengembangan keterampilan dalam pemecahan masalah. Sementara itu, Pendidikan Vokasional, juga dikenal sebagai pendidikan teknologi dan kejuruan, berkaitan dengan keterampilan dalam penggunaan peralatan dan mesin. Learning Management System (LMS) memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era society 5.0 dengan melakukan inovasi pada konten dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan DUDI saat ini yang diimplementasikan melalui LMS. Diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah memahani materi pelajaran dan mengaplikasikannya di dunia kerja. Sehingga dapat memberikan dampak pada penguatan prodi pendidikan teknologi dan kejuruan di era society 5.0.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
S. Harahap, M. Simatupang, and L. Atika, “Penguatan Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Melalui Learning Management System (LMS) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Society 5.0”, JAVIT, vol. 3, no. 1, pp. 1-10, Feb. 2023.

References

[1] A. D. Permadi, T. Rijanto, Munoto, and M. Widyartono, “Keterlaksanaan Program Revitalisasi SMK dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kelulusan Di SMK,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 9, no. 3, 2020.

[2] C. Anam, “Analisis Kesiapan Pendidikan Vokasi Dalam Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di LP3I Malang),” Jurnal Vokasi, vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.30811/vokasi.v5i2.2313.

[3] U. Verawardina and J. Jama, “Philosophy Tvet Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia,” Jurnal Filsafat Indonesia, vol. 1, no. 3, 2019, doi: 10.23887/jfi.v1i3.17156.

[4] R. Fadillah, A. Ambiyar, M. Giatman, F. Fadhilah, M. Muskhir, and H. Effendi, “Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi,” Jurnal Pedagogik dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i1.32408.

[5] A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.64.

[6] S. Palinggi, S. Palelleng, and L. R. Allolinggi, “Peningkatan Rasio Kejahatan Cyber Dengan Pola Interaksi Sosio Engineering Pada Periode Akhir Era Society 4.0 Di Indonesia,” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.38043/jids.v4i1.2314.

[7] S. Sulistyanto, F. Mutohhari, A. Kurniawan, and D. Ratnawati, “Kebutuhan kompetensi di era revolusi industri 4.0: review perspektif Pendidikan Vokasional,” Jurnal Taman Vokasi, vol. 9, no. 1, 2020.

[8] I. Widya, P. Pratomo, and R. Wahanisa, “Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19,” Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, vol. 7, no. 2, 2021.

[9] D. S. Hambali, A. S. Rizal, and E. S. Nurdin, “Implementasi Pragmatisme Pada Pendidikan Tinggi Vokasional Abad Xxi,” Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.15575/jaqfi.v5i1.7325.

[10] E. Fauzi, I. D. Aprilia, and O. S. Homdijah, “Keterampilan Vokasional Analisis Kebutuhan Magang Bagi Anak Tunagrahita,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 11, 2021, doi: 10.36418/japendi.v2i11.336.

[11] N. Irsyadiah and A. Rifa’i, “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Cooperative E-learning Di Masa Pandemi,” Syntax Idea, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.36418/syntax-idea.v3i2.1011.

[12] R. M. ’Adani, “Panduan Lengkap Menggunakan Moodle untuk Pemula,” Sekawanmedia.Co.Id, 2021.

[13] A. Prianto and T. H. Putri, “Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua Yang Dirasakan Terhadap motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM), vol. 1, no. 2, 2017.

[14] H. dan K. Darmastuti, “Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 2 Surabaya,” Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 3, 2014.

[15] R. M. Andri, “Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Research Sains, vol. 3, no. 1, 2017.

[16] S. Sumarno, “Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society 5.0,” Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), vol. 3, 2019.

[17] F. Nastiti and A. Abdu, “Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0,” Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.17977/um039v5i12020p061.

[18] A. Setiawan, “Peran Ketrampilan Menulis dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Era Society 5.0,” Senasbasa, vol. 3, no. 2, 2019.

[19] U. H. Salsabila, M. U. Ilmi, S. Aisyah, N. Nurfadila, and R. Saputra, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi,” Journal on Education, vol. 3, no. 01, pp. 104–112, Jan. 2021, doi: 10.31004/joe.v3i01.348.

[20] G. Maulidya, S. A. R, S. A. I. Putri, G. Riano, and I. Ismoyo, “Analisa Hubungan Peran Ganda Wara Terhadap Stres Kerja Sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan AAU Dalam Era Society 5.0,” Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), vol. 3, 2021, doi: 10.54706/senastindo.v3.2021.147.

[21] C. Narbuko and A. Achmadi, “Metodologi Penelitian,” Bumi Aksara, 2011.

[22] M. Riadi, “Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus),” Www.Kajianpustaka.Com, 2020.

[23] Salamadian, “10 Teknik Pengambilan Sampel dan Penjelasannya Lengkap (SAMPLING),” Salamadian.Com, 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.