Korelasi Media Sosial dan Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nazyumei Arbah
Arif Boy Wilson
Ta'ali Ta'ali

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media sosial dan smartphone berkorelasi dengan minat belajar siswa. Penelitian jenis ini adalah kuantitatif dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Metode pengambilan sampel proporsional random digunakan. Satu puluh siswa terpilih sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasilnya, kontribusi penggunaan smartphone dan media sosial terhadap minat belajar adalah 48,58 persen. Hasil uji pada taraf signifikansi α 0,05 (taraf kepercayaan 95%) menunjukkan nilai rx1y sebesar 0,259 dengan rtabel 0,235, karena rhitung lebih besar dari rtabel, sehingga hipotesis pertama diterima. Selanjutnya, hipotesis kedua diterima karena nilai rx 2y sebesar 0,299 dan rtabel sebesar 0,235 karena rhitung lebih besar dari rtabel. Selanjutnya, hipotesis ketiga diterima karena nilai rx1x2y sebesar 0,697 dengan rtabel 0,235 karena rhitung lebih besar dari rtabel. Selain itu, ada nilai Fhitung = 31,842 dan Ftabel = 1,494, yang berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel (31,842 lebih besar dari 1,494). Oleh karena itu, hipotesis ketiga diterima: penggunaan smartphone dan media sosial memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan pengalaman belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
N. Arbah, A. Wilson, and T. Ta’ali, “Korelasi Media Sosial dan Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa”, JAVIT, vol. 3, no. 1, pp. 30-38, Feb. 2023.

References

[1] D. Agusta, “Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone pada Siswa di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta,” J. Ris. Mhs. Bimbing. dan Konseling, vol. 5, no. 3, pp. 86–96, 2016, [Online]. Available: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/1021

[2] Slameto, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Nusa Media, 2013.

[3] W. S. R. Putri, N. Nurwati, and M. B. S., “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, 2016, doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.

[4] Herline, Minat yang Dimiliki Siswa. Jakarta: PT . Rosda Karya, 2010.

[5] N. Simbolon, “Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi,” J. Kaji. Pendidik. dan Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 14–19, 2013.

[6] C. B. Firdaus, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab,” J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 191–198, 2019, doi: 10.31004/joe.v2i1.298.

[7] A. Noviawan, H. B. Gema, N. R. Arya, and S. Arifin, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri Pringkuku,” 2022, [Online]. Available: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/993%0A

[8] N. Istiani and A. Islamy, “Fikih Media Sosial Di Indonesia,” Asy Syar’Iyyah J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 202–225, 2020, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.

[9] S. H. Arnus, “Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi,” Al-Munzir, vol. 8, no. 2, pp. 275–289, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/744/680

[10] Eka and Ningtias, Kontribusi Penggunaan Jejaring Sosial dan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA 11 Jakarta,salatiga. Jakarta: Universitas Kristen Satya Wancana, 2013.

[11] R. Suhendar, Hubungan Penggunaan smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMA (Studi Korelasional Terhadap Siswa Kelas X SMAN 9 Bandung). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

[12] F. A. Hasanah and F. Hidayati, “Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Alienasi Pada Remaja (Sebuah Studi Korelasi pada Siswa SMK Negeri 1 Majalengka),” J. EMPATI, vol. 5, no. 4, pp. 750–756, 2017, doi: 10.14710/empati.2016.15414.

[13] F. R. S. EDI, teori wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: LeutikaPrio, 2016.

[14] E. Widiasworo, Mahir Penelitian Pendidikan Modern; Metode Praktis Penelitian Guru, Dosen dan Mahasiswa Keguruan. Yogyakarta: Araska Publishe, 2018.

[15] Sugiyona, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

[16] Arwansyah and S. Wahyuni, “Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Al-Wasliyah Pasar Senen Medan T.A 2018/2019,” J. Ekon. Pendidik., vol. 7(1), pp. 31–44, 2019.

[17] A. Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

[18] C. K. Murni, “Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X Tkj 2 Pada Smk Negeri 3 Buduran, Sidoarjo,” J. IT-Edu, vol. 01, no. 01, pp. 86–90, 2016.

[19] A. Suharsimi, Metodologi Penelitian. Jakarta: PT . Rineka Cipta, 2013.

[20] F. Saufika and A. Mahmud, “Peran Minat Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Computer Self-Efficacydan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 3, pp. 816–831, 2019, doi: 10.15294/eeaj.v7i3.28311.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.