Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Apply Pie Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yudhistira yudhistira
Damai Linda Gea Vetricia Linda Gea Vetricia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas pengembangan media berbasis android menggunakan aplikasi Appy Pie pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK N 13 Medan. Kelayakan media yang dikembangkan merujuk pada ahli media dengan perolehan nilai 93% dengan kategori “sangat layak”, kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh nilai 85% dengan katogori “sangat layak”, dan 93% diperoleh melalui praktisi pembelajaran dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba produk memproleh respon positif penggunaan media > 65%. Efektivitas produk dari hasil posttest diperoleh nilai sig.2-tailed sebesar 0,009 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil rata-rata posttest kelas ekperimen memperoleh 7,9 dengan peningkatan skor sebesar 2,1 dibandingkan dengan kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata posttest sebesar 7,2. Dengan demikian media yang dikembangkan efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
Y. yudhistira and D. L. G. V. Vetricia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Apply Pie Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik”, JAVIT, vol. 2, no. 3, pp. 162-175, Oct. 2022.

References

[1] S. A.M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

[2] A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres, 2017.

[3] R. Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakartaq: Referensi, 2012.

[4] Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

[5] N. Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

[6] S. A. Octavia, Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2020.

[7] Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, 2017.

[8] N. Mahnun, “Media Pembelajaran,” J. Pemikir. Islam, vol. 37, no. 1, pp. 27–35, 2012.

[9] Asnawir and M. B. Usman, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2015.

[10] S. Adam and M. T. Syastra, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam,” CBIS J., vol. 3, no. 2, pp. 78–90, 2015.

[11] J. Purwono, S. Yutmini, and S. Anitah, “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, pp. 127–144, 2014.

[12] S. V. Gerlach, Teaching and Media. New Jersey: Prentice, 1980.

[13] Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta, 2012.

[14] M. Angelina and D. Hamdun, “Pengembangan Media Pembelajaran Ta’bir Berbasis Permainan Uno Stacko pada Siswa MA Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018,” Pendidik. Bhs. Arab, vol. 5, no. 2, pp. 207–230, 2019, doi: 10.14421/almahara.2019.052-04.

[15] Rukimin and Kderi, “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Teknodika, pp. 1–10, 2015.

[16] I. Binanto, Multimedia Digital--Dasar Teori dan Penembangannya. Yogyakarta: Andi, 2010.

[17] N. Sa’diyah, “Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Media Scrapbook Dengan Media Konvensional Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Darul Ulum Palangka Raya,” IAIN Palangka Raya, 2021.

[18] N. Ariana and D. Haryanto, Pembelajara n Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.

[19] R. M. Branch, Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.

[20] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2017.

[21] D. Mardapi, Teknik Penyusunan Intrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset, 2008.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.