Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

muhammad Maulana Syahputra

Abstract

Ilmu vokasi saat ini berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik yang siap kerja. Proses pembelajaran di bidang kejuruan mengalami kendala salah satunya kurangnya media pembelajaran siwa dalam mata pelajaran dasar-dasar otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif yang diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode research and development yang memiliki kevalidan dan efek potensial dalam mata pelajaran dasar-dasar otomotif. Adapun tahapan pengembangan metode ini yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7), uji coba produk, (8) revisi produk, (9) revisi produk, (10) penerapan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dinilai dari segi ahli media 91,63% dan ahli materi sebesar 80,15% . Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari pretest sebanyak 56% berada di rata-rata kelulusan sedangkan sisanya berada di bawah rata-rata kelulusan kemudian setelah belajar menggunakan video tutorial sebanyak 97% berada pada di atas rata-rata kelulusan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
muhammad Syahputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif”, JAVIT, vol. 2, no. 3, pp. 128-137, Oct. 2022.

References

[1] S. Irawan And D. Prasetyo, “Quality Management System: Analisis Raport Mutu Usaha Kesehatan Sekolah (Uks),” Sch. J. Pendidik. Dan Kebud., Vol. 10, No. 2, Pp. 112–121, 2020, Doi: 10.24246/J.Js.2020.V10.I2.P112-121.

[2] A. K. T, “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Penabur, Vol. 3, No. 10, Pp. 11–21, 2008.

[3] A. A. Pradana, “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Jarak , Waktu Dan Kecepatan Siswa Kelas V Mi Psm 1 Baron,” Vol. 3, No. 1, Pp. 1090–1098, 2023.

[4] N. Sudjana, Proses Danhasil Belajar. 2010.

[5] Z. R. Qonitah, T. Supiani, And L. Jubaedah, “Pengembangan Video Tutorial Dalam Materi Rias Fantasi Di Program Studi Tata Rias,” J. Tata Rias, Vol. Vol. 10 No, Pp. 1–12, 2019.

[6] A. History, “Pengembangan Multimedia Tutorial Materi Sistem Gerak Tubuh Manusia Untuk,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., Vol. 3, No. 3, Pp. 317–329, 2020, Doi: 10.17977/Um038v3i32020p317.

[7] A. C. D. P. T. D. R. M. Ratumbanua, “Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Volume 2 Nomor 1, Februari 2022,” Vol. 2, Pp. 52–64, 2022.

[8] H. Syahputra And A. Sutiani, “Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Menggunakan Camtasia Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Di Sma Dan Smk Pabaku Stabat,” Pros. Semin. Nas. Hasil …, No. November, Pp. 171–176, 2021.

[9] L. Charli, T. Ariani, And L. Asmara, “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika,” Sci. Phys. Educ. J., Vol. 2, No. 2, Pp. 52–60, 2019, Doi: 10.31539/Spej.V2i2.727.

[10] S. Putri Ningrat, I. M. Tegeh, And M. Sumantri, “Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia,” J. Ilm. Sekol. Dasar, Vol. 2, No. 3, P. 257, 2018, Doi: 10.23887/Jisd.V2i3.16140.

[11] S. A.M, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. 2009.

[12] N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 2005.

[13] S. Komariyah, A. Fatmala, And N. Laili, “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Penelit. Pendidik. Dan Pengajaran Mat., Vol. 4, No. 2, Pp. 55–60, 2018.

[14] W. B. Sulfemi And D. Supriyadi, “Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Ips,” J. Ilm. Edutecno, Vol. 18, No. 2, Pp. 1–19, 2018.

[15] N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 2009.

[16] M. Mery, M. Martono, S. Halidjah, And A. Hartoyo, “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” J. Basicedu, Vol. 6, No. 5, Pp. 7840–7849, 2022, Doi: 10.31004/Basicedu.V6i5.3617.

[17] F. A. Fantiro And B. Arifin, “Pembelajaran Permaian Kinestetik Gobak Sodor Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Edumaspul J. Pendidik., Vol. 3, No. 2, Pp. 58–63, 2019, Doi: 10.33487/Edumaspul.V3i2.135.

[18] A. Y. Utomo And D. Ratnawati, “Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk,” Taman Vokasi, Vol. 6, No. 1, P. 68, 2018, Doi: 10.30738/Jtvok.V6i1.2839.

[19] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D / Sugiyono. 2016.

[20] A. Arsyad, Media Pembelajaran. 2014.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.