Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Digital Story Telling Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Unity

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dio Alvendri
Hansi Effendi

Abstract

Teknologi berkembang semakin cepat, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Itu membuat orang tampak tidak terpisahkan melalui jarak dan ruangwaktu. Perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan manusia menggunakan berbagai jenis perangkat untuk melakukan berbagai aktivitas guna mendongkrak produktivitas. Seiring dengan perkembangan teknologi, terciptalah media pembelajaran interaktif dengan teknologi Android sebagai perangkat yang digunakan. Media interaktif adalah media pembelajaran yang memadukan berbagai komponen seperti teks, gambar, video, grafik dan audio serta dapat digunakan untuk menyampaikan informasi melalui media elektronik seperti smartphone dan laptop. Media pembelajaran berbasis android ini merupakan aplikasi multimedia yang menarik. Storytelling adalah seni bercerita yang digunakan sebagai wahana mendidik anak dengan pertunjukan yang menarik dan menghibur. Pellowski mendefinisikan storeytling sebagai seni bercerita dalam sajak atau prosa di depan orang banyak, biasanya diceritakan melalui lagu, dengan atau tanpa music, gambar atau bahan pendukung lainnya dimaksudkan sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Unity dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis android merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang mendukung pembelajaran di abad 21 dan khususnya digunakan pada era digitalisasi saat ini. Tentu saja kita membutuhkan software untuk membuat sebuah game. Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat game adalah Unity. Dengan menggunakan Unity kita dapat membuat media interaktif yang dapat berjalan di perangkat Android, Unity merupakan game engine yang dirancang agar mudah digunakan. Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan di Unity yaitu Java Script, Boo Script dan C# Script.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
D. Alvendri and H. Effendi, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Digital Story Telling Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Unity”, JAVIT, vol. 4, no. 1, pp. 43-52, Mar. 2024.

References

[1] S. Nurliah, “Pengaruh Model Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V Mi Jamiatul Khaerat Kota Makassar,” 2017.

[2] F. H. Tumbuan et al., “Augmented Reality

[3] Storytelling Cerita Anak â€oeThe ProudDeerâ€,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 4, pp.

[4] Parma Dewi,Ika,Lativa Mursyida, dan Agariadne Dwingga Samala. (2021). Dasar-dasar Android Studio dan Membuat Aplikasi Mobile Sederhana. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.

[5] Nauval El Ghiffary, Muhammad, Dwi Susanto, Tony, Herdiyanti Prabowo, Anisah. (2018). Analisis Komponen Desain Layout, Warna.

[6] Dewi, Ghea Putri Fatma (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Hewan Dalam Bahasa Inggris. Universitas Negeri Yogyakarta.

[7] Istiyanto, Jazi Eko. (2013). Pemrograman Smartphone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.

[8] Tejo Nurseto. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik . Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011.

[9] Alvian Putra Mahardhika dan Dwi Kuncoro. 2015. Pembuatan Game Android 2D Petualangan Mr. Kentang Menggunakan Unity.

[10] Canva (2017). Arti Warna dalam mediapembelajaran://www.canva.com/id_id/belajar/artiwarna-dan-simbol-dari-merk/ (Diakses: 04 Agustus 2020

[11] Hasrul, Langkah-Langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif, MEDTEK. Volume 2, Nomor 1, (2010).

[12] Hamzah, Saidina, Kurniadi, Denny. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality pada Platform Android. Voteknika, 7(3), 147-157.

[13] Creighton, Ryan Henson. 2010. Unity 3D Game Development by Example Beginner’s Guide. UK : Packt Publishing Ltd.

[14] Huda, A., Azhar, N., Almasri, A., Hartanto, S. and Anshari, K., (2020). Practicality and effectiveness test of graphic design learning media based on android.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.