Meta Analisis Pengaruh Penggunaan E- Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aulya Chasovy
Dedi Irfan
Hansi Effendi
Murni Sukmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana pengaruh dari penggunaan E-Learning terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jenis penelitian ini adalah meta analisis. Meta analisis merupakan jenis penelitian yang meringkas, mengintegrasikan, menggabungkan dan menginterpretasikan hasil penelitian terpilih dalam suatu bidang ilmu tertentu. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 12 artikel yang bersumber dari Google Scholar. Artikel tersebut memiliki keterkaitan dengan topik penelitian ini, dan dipilih berdasarkan kelengkapan data statistik seperti rata-rata, standar deviasi, nilai pretest-posttest, hasil uji t, dan Chi-square. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan nilai Effect Size (ES) untuk masing-masing kategori. Dalam penelitian ini, pengaruh penggunaan E-Learning terhadap hasil belajar siswa SMK dikelompokkan berdasarkan jurusan dari sampel penelitian, tingkatan kelas sampel, dan jenis E-Learning yang digunakan dalam penelitian. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Learning pada proses pembelajaran bagi siswa SMK memberikan dampak positif. Pertama, Penggunaan E-Learning pada proses pembelajaran berdasarkan jurusan memiliki rata-rata Effect Size paling tinggi pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan nilai 1,63. Kedua, Penggunaan E-Learning pada proses pembelajaran berdasarkan kelas memiliki rata-rata paling tinggi pada kelas X dengan nilai Effect Size sebesar 1,28. Ketiga, jenis E-Learning yang memiliki nilai rata-rata Effect Size yang paling tinggi adalah Schoology dengan nilai 2,45.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
A. Chasovy, D. Irfan, H. Effendi, and M. Sukmawati, “Meta Analisis Pengaruh Penggunaan E- Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan”, JAVIT, vol. 2, no. 3, pp. 145-153, Oct. 2022.

References

[1] A. ARGUBHY, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Claroline Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto,” It-Edu, vol. 2, no. 01, pp. 188–197, 2017.

[2] R. Nusanzali and R. H. Peni, “Pengembangan E-Learning Berbasis Web pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 7 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 05, no. 01, pp. 295–302, 2016.

[3] N. Safitri, R. Murbojono, and Syamsuruzal, “Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning dengan materi menganalisis peluang usaha kelas xi smk,” Tekno-Pedagogi, vol. 5, no. 1, pp. 64–81, 2015.

[4] T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

[5] J. Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

[6] A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 8, no. 2, 2010, doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.

[7] R. Jennah, Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.

[8] Z. Abidin, “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran,” Edcomtech, vol. 1, no. 1, pp. 9–20, 2016.

[9] N. I. A. Gusti Putri and R. Setiawan, “Rancang Bangun Aplikasi Elearning,” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 53–57, 2020, doi: 10.31326/sistek.v2i1.672.

[10] M. DirgaF, Masnur, and Merlina, “Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 2775–412, 2021.

[11] N. N. Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, Memahami E-Learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Yogyakarta: ANDI, 2020.

[12] A. R. Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, Prestasi Belajar. Batu: Nusantara, 2019.

[13] P. Airlanda, “Jurnal basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1683–1688, 2021.

[14] D. Di et al., “Hanifa Baity Masruro,” vol. 03, 2018.

[15] A. Hoerunnisa, N. Suryani, and A. Efendi, “the Effectiveness of the Use of E-Learning in Multimedia Classes To Improve Vocational Students’ Learning Achievement and Motivation,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 2, p. 123, 2019, doi: 10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137.

[16] C. Kartika Murni and R. Harimurti, “Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X Tkj 2 Pada Smk Negeri 3 Buduran, Sidoarjo,” J. IT-Edu, vol. 01, no. 01, pp. 86–90, 2016.

[17] P. Media et al., “Mata Pelajaran Administrasi Server Di Smk Ypm 1 Taman Meini Sondang Sumbawati,” pp. 171–178.

[18] R. H. W. Pardanus, “Pelajaran Sistem Operasi Siswa Kelas X Smk N 3 Manado,” Eng. Educ. J., vol. 4, no. 3, pp. 29–39, 2016.

[19] L. A. Lutfiana, “Learnboost Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Negeri 3,” J. IT-Edu, vol. 01, no. 01, pp. 91–95, 2016.

[20] J. R. Tuna, C. T. M. Manoppo, D. R. Kaparang, and A. Mewengkang, “E-Learning Development Process for Operating System Course in Vocational School,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 306, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/306/1/012068.

[21] C. Sulistyawati, K. Agustini, and G. A. Pradnyana, “PENGARUH E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK SISWA (Studi Kasus : Kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Negara),” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 16, no. 2, p. 191, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17939.

[22] R. Haryadi, H. Nuraini, and A. Kansaa, “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa,” AtTàlim J. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 2548–4419, 2021.

[23] V. N. Rahmaningrum and I. G. . A. Buditjahjanto, “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Audio Video Di SMK Negeri 3 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 5, no. 3, pp. 689–696, 2016.

[24] P. B. Herlandy and M. Novalia, “Penerapan e-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended learning Bagi Siswa SMK,” J. Educ. Inform. Technol. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 24–33, 2019.

[25] R. S. R.W, T. Mayasari, and F. Huriawati, “Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Sambirejo,” Pros. SNFA (Seminar Nas. Fis. dan Apl., vol. 2, p. 182, 2017, doi: 10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16392.

[26] Z. Cyly Arrum Dalu and M. Rohman, “Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK,” Jupiter (Jurnal Pendidik. Tek. Elektro), vol. 04, no. 1, pp. 25–33, 2019.

[27] M. Fuad and A. Ghufron, “Pengembangan E-Learning dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran di Jurusan Tkj SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 28–39, 2014.

[28] I. Wahyudi, “Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 2, pp. 187–199, 2017, doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.