Rancang Bangun E-Commerce Seragam Sekolah Berbasis Web di Tailor Persatuan Penjahit Limbanang Sakato di Limbanang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hidayatul Ihsan
Asrul Huda

Abstract

Masyarakat didorong untuk menciptakan inovasi baru dalam perolehan informasi dan pengembangan bisnis. Teknologi informasi merupakan salah satu media untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Ecommerce menawarkan banyak keuntungan, sehingga perusahaan yang sedang mengembangkan bisnisnya saat ini sudah perlu memiliki website dalam bentuk ecommerce. Di dalamnya, konsumen tidak perlu datang langsung ke  toko untuk memilih apa yang ingin mereka beli, dan bisnis perlu berdagang 24 jam sehari. Selain itu, dari segi ekonomi, konsumen dapat menghemat biaya  dan  pengusaha dapat menghemat biaya iklan. Jika lokasi toko jauh, konsumen dapat menghemat biaya perjalanan dengan menggantinya dengan biaya pengiriman yang jauh lebih murah. Hal ini memungkinkan  pengusaha untuk memasuki pasar. Bisnis Anda berada di area yang lebih luas. Penjahit itu diwawancarai tentang memasukkan seragam di sekolah untuk siswa baru dengan jawaban yang hampir sama. Dan pelanggan menyediakan penjahit untuk berlangganan penjahit. Sekolah-sekolah ini telah menjadi anggota sejak didirikan pada tahun 2006. Sejak tahun itu, sekolah dan penjahit yang diperdagangkan secara manual melalui media telepon  mengunjungi sekolah yang bersangkutan. Sebelum penjahit menerima pesanan atau kiriman untuk membuat seragam, penjahit akan memberi tahu sekolah yang bersangkutan mengenai harga dan jenis kain, dan di sekolah  atau sekolah  yang diminati. Penjahit dan sekolah bekerja sama. Pelanggan yang terkena dampak menghubungi atau mengunjungi penjahit melalui telepon dan WA. Pada awal tahun ajaran baru, penerimaan siswa baru diproses pada tingkat yang berbeda oleh masing-masing sekolah. Mahasiswa baru biasanya menerima seragam dari sekolah masing-masing. Seragam adalah pakaian standar yang dikenakan oleh lembaga pendidikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
H. Ihsan and A. Huda, “Rancang Bangun E-Commerce Seragam Sekolah Berbasis Web di Tailor Persatuan Penjahit Limbanang Sakato di Limbanang”, JAVIT, vol. 2, no. 3, pp. 121-127, Oct. 2022.

References

[1] S. M. and R. A.S., Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2014.

[2] D. Rosmala, M. Ichwan, and M. I. Gandalisha, “Komparasi Framework MVC (Codeigniter, Dan Cakephp) Pada Aplikasi Berbasis Web,” J. Inform., vol. 2, no. 2, 2011.

[3] A. N. W. Pratama, Codeigniter: Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP. Jakarta Selatan: Mediakita, 2010.

[4] K. Kardinal and E. Tasrif, “Perancangan Sistem E-Commerce Pada Toko Salsa Sport Berbasis Web,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 6, no. 2, p. 37, 2018, doi: 10.24036/voteteknika.v6i2.101985.

[5] M. Y. Priyadi, Kolaborasi SQL dan ERD Dalam Implementasi Database. Bandung: C.V Andi Offset, 2013.

[6] Fatansyah, Basis Data. Bandung: Informatika, 2012.

[7] S. Haryanti and T. Irianto, “Libro de actas 2003.,” Jornadas GESCO, 13., 2003, Montevideo, Uruguay., vol. 3, no. 1, pp. 8–14, 2003.

[8] T. Armanda and A. D. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.145.

[9] F. Listianto, Fauzi, R. Irviani, K. Kasmi, and G. Garaika, “Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu,” J. TAM Technol. Accept. Model, vol. 8, no. 2, 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.