Pembelajaran Seluler dan Efek Motivasi dalam Hal Kinerja Guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Raudhatul Husna
Satrina Husna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah dan bagaimana pembelajaran Mobile dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru di SMKN 3 Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Seluruh guru PNS di SMKN 3 Batam yang berjumlah 50 guru pada tahun ajaran 2020/2021 menjadi subjek penelitian ini. Data dikumpulkan melalui metode Saturated Sampling, di mana setiap guru diikutsertakan dalam penelitian ini. Untuk mengumpulkan informasi yang akurat dan terverifikasi, digunakan instrumen kuesioner yang telah disusun dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Mobile memiliki dampak yang sedikit signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan teknologi mobile dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh positif, meskipun pengaruhnya tidak begitu besar. Selain itu, motivasi juga memiliki dampak yang sedikit signifikan terhadap kinerja guru. Faktor motivasi, seperti semangat dan dorongan untuk melakukan tugas dengan baik, dapat mempengaruhi performa guru dalam memberikan pengajaran yang berkualitas. Selain pembelajaran Mobile dan motivasi, penelitian ini juga menemukan bahwa budaya sekolah dan motivasi sekolah secara bersama-sama memiliki dampak yang besar terhadap kinerja guru. Budaya sekolah yang kondusif, dukungan dari rekan kerja, serta lingkungan yang positif dapat meningkatkan motivasi guru dan akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja mereka. Temuan-temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru di SMKN 3 Batam. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif, serta meningkatkan budaya sekolah yang mendukung motivasi guru. Dengan demikian, diharapkan kinerja guru dapat ditingkatkan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi proses pendidikan di SMKN 3 Batam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
R. Husna and S. Husna, “Pembelajaran Seluler dan Efek Motivasi dalam Hal Kinerja Guru”, JAVIT, vol. 3, no. 2, pp. 95-101, Jun. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.