Kontribusi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan dan Nilai Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan dan Nilai Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan populasi sebanyak 32 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang melalui data tersebut untuk menentukan faktor-faktor yang mendahului atau menentukan sebab-sebab yang mungkin atas peristiwa yang diteliti. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan sampling jenuh sehingga total sampel sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebesar 91,4% sedangkan sisanya 8,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kemudian hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi Nilai Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebesar 85,2% sedangkan sisanya 14,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan dan Nilai Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebesar 91,7% sedangkan sisanya 8,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, “Pedoman Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik SMK/MAK di Dalam Negeri,” pp. 1–41, 2021, [Online]. Available: https://portal.ditsmk.net/uploads/filestorage/1705550996285_c2ee304b-8216-47a3-aa09-0760a56a3ec6.pdf
[3] N. Alifa, “Pengaruh Hasil Belajar Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” Kel. J. Ilm. Pendidik. Kesejaht. Kel., 2020.
[4] S. Edriati, A. Pratama, and M. Hikmawati Masril, “KORELASI PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN SISWA MENGHADAPI DUNIA KERJA,” vol. 6, no. 2, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.22202/ei.2019.v6i2.3745.
[5] A. Rahman, Amiruddin, and N. Latief, “Pengaruh Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja di Era Revolusi Industri 4.0 pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Makassar,” Univ. Negeri Makassar, pp. 1–16, 2020.
[6] Husnita and Suparno, “Pendidikan karakter dan prakerin berpengaruh terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 428–438, 2020.
[7] M. Muspawi and A. Lestari, “Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja,” J. Literasiologi, vol. 4, no. 1, pp. 111–117, 2020, doi: 10.47783/literasiologi.v4i1.138.
[8] F. Gindo, “Pengaruh Pengalaman Prakerin ( Praktik Kerja Industri ) Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Motivasi Kerja Pada Siswa Kelas XII SMK Taruna Satria Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021,” 2021.
[9] S. Riyanti and S. Kasyadi, “Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor,” J. Pendidik. IPS, vol. 4, no. 1, pp. 43–57, 2021, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/view/8815
[10] C. C. L. Musling, D. J. . Manongko, and Y. Rampo, “Pengaruh Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Alat Berat Di Smk Negeri 2 Bitung,” J. Gearbox Pendidik. Tek. Mesin, vol. 4, no. 1, pp. 254–286, 2023.
[11] W. Widana and P. L. Muliani, Buku Uji Persyaratan Analisis. 2020.
[12] G. Supriadi, STATISTIK PENELITIAN PENDIDIKAN.pdf. 2021.
[13] S. Hajaroh and Raehanah, “STATISTIK PENDIDIKAN (Teori dan Praktik),” 2021.
[14] S. H. Sahir, Metodologi Penelitian. 2021.
[15] Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv.Alfabeta.