Pengembangan E-Modul Pemrograman Berbasis Computational Thinking Mata Pelajaran Informatika Bagi Kelas X SMK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Menghadapi tantangan dari Revolusi Industri 4.0 memerlukan penguasaan literasi digital, salah satunya adalah kemampuan menggunakan komputer secara efektif. Di Indonesia, siswa dapat mempelajari bagaimana komputer beroperasi melalui pembelajaran Informatika, khususnya pada materi Algoritma Pemrograman. Namun, belajar Algoritma Pemrograman tidaklah cukup jika hanya terbatas pada ruang kelas menggunakan buku teks sebagai bahan ajar utama. Potensi tingginya angka penggunaan ponsel di kalangan masyarakat Indonesia, berdasarkan data dari GoodStats dan Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022, dapat dimanfaatkan untuk mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan salam studi ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Artikel ini mengusulkan pengembangan bahan ajar mandiri digital (E-Modul) dalam bentuk aplikasi ponsel pintar berbasis platform Android. E-Modul ini menyajikan konten interaktif seperti video, gambar, dan animasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dengan mengintegrasikan prinsip Berpikir Komputasional (BK) yang penting untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase kelayakan E-Modul yaitu 94,5%. Penilaian ini menegaskan bahwa e-modul sangat layak diuji cobakan kepada siswa, dengan materi yang sesuai kurikulum, bahasa komunikatif, penyajian sistematis, dan desain grafis menarik. E-Modul ini diharapkan efektif dalam meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam Algoritma Pemrograman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] A. D. Pertiwi, S. A. Nurfatimah, and S. Hasna, “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 8839–8848, 2022.
[3] Y. Indarta, N. Jalinus, W. Waskito, A. D. Samala, A. R. Riyanda, and N. H. Adi, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, Mar. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.
[4] T. Setiarini, I. Lisnawati, and T. D. Prastyo, “ANALISIS BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATA PELAJARAN INFORMATIKA SISWA KELAS X DPB DAN TKJ SMK NEGERI 1 PACITAN PADA KURIKULUM MERDEKA,” Pacitan, Jan. 2023.
[5] F. K. Cansu and S. K. Cansu, “An Overview of Computational Thinking,” International Journal of Computer Science Education in Schools, vol. 3, no. 1, pp. 17–30, Apr. 2019, doi: 10.21585/ijcses.v3i1.53.
[6] BSKAP, “CP Informatika,” 2022.
[7] P. Widyaningsih and R. P. Indah, “Analisis dan Perancangan Buku Digital Atraktif Menggunakan Pendekatan Berbasis Pengguna (Studi Kasus : Matakuliah Algoritme dan Pemrograman),” 2017.
[8] T. Nurrita, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” Misykat, vol. 03, no. 1, pp. 171–187, Jun. 2018.
[9] U. D. Cahya et al., Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21, 1st ed. Langsa: Yayasan Kita Menulis, 2023.
[10] A. Haleem, M. Javaid, M. A. Qadri, and R. Suman, “Understanding the role of digital technologies in education: A review,” Sustainable Operations and Computers, vol. 3, pp. 275–285, Jan. 2022, doi: 10.1016/j.susoc.2022.05.004.
[11] I. K. Rezki, J. Karnando, and E. Tasrif, “Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama,” JURNAL VOKASI INFORMATIKA, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.24036/javit.v2i1.
[12] C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang,” vol. 2, no. 2, pp. 2746–1209, May 2021.
[13] Menrisal, I. Wijaya, and P. Radyuli, Konsep Teknologi Informasi, 1st ed. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021. Accessed: Feb. 08, 2024. [Online]. Available: ipusnas
[14] M. Ansyar, Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain, dan Pengambangan, 2nd ed. Jakarta: KENCANA, 2017. Accessed: Feb. 08, 2024. [Online]. Available: ipusnas
[15] R. Hidayat and Abdillah, Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya, 1st ed. Medan: LPPPI, 2019.
[16] P. B. Purba, R. S. Siregar, D. S. Purba, and A. Iman, Kurikulum dan Pembelajaran, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
[17] I. Magdalena, “ANALISIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR,” 2020. [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
[18] E. Kosasih, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR, 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2021. Accessed: Jan. 09, 2024. [Online]. Available: ipusnas
[19] S. Wahyuni, BAHAN AJAR TELAAH MATERI, 1st ed. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021. Accessed: Feb. 08, 2024. [Online]. Available: eperpusdikbud
[20] E. Simanjuntak, D. Armanto, and I. Dewi, “Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship,” Jurnal Fibonaci, vol. 04, no. 1, pp. 11–17, May 2023, doi: 10.24114/jfi.v2i1.
[21] T. Mailund, Introduction to computational thinking: Problem solving, algorithms, data structures, and more. Apress Media LLC, 2021. doi: 10.1007/978-1-4842-7077-6.
[22] Partono, “Pemanfaatan E-Modul dalam Pembelajaran,” SMAN 1 Pegandon. Accessed: Jan. 10, 2024. [Online]. Available: https://sma1pegandon.sch.id/read/107/pemanfaatan-emodul-dalam-pembelajaran
[23] A. P. Putra and J. Susilowibowo, “E-Modul Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Program Aplikasi Accurate Accounting V5 untuk Siswa Kelas XI,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 250–256, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
[24] I. Ernawati and T. Sukardiyono, “UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER,” Elinvo (Electronic, Informatic, and Vocational Education), vol. 2, no. 2, pp. 204–210, Nov. 2017.