Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tivsi Rizqi Padwa
Putri Nurhalimah Erdi

Abstract

Pendidikan adalah sebuah peranan penting dikehidupan manusia. Pendidikan berkaitan dengan proses belajar dan mengajar. Tujuan pembelajaran yaitu diharapkan kemampuan dari peserta didik seimbang. Belajar juga adalah proses mental yang mengakibatkan sebuah perubahan yang terjadi pada diri seseorang. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika didukung dengan tersedianya sumber belajar mengajar yang memadai, media yang menarik, dan system pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran saat ini beraneka ragam dan berkembang sesuai perkembangan teknologi. Salah satu media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi saat ini adalah yaitu media pembelajaran E-modul dengan menggunakan system berbasis elektronik. E-modul memiliki tujuan dapat mempermudah peserta didik dalam mempelajari setiap materi pembelajaran serta peningkatan hasil belajar di setiap mata pelajaran. Sejauh ini sudah banyak yang mengembangkan dengan e-modul dengan beberapa model system pembelajaran. Salah satunya dengan system pembelajaran Project based learning yang juga merupakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dengan berpusat pada siswa yang menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator. Pembelajaran dengan menggunakan e-modul ternyata bahkan lebih efektif dan mudah dipahami oleh perserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
T. Padwa and P. Erdi, “Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning”, JAVIT, vol. 1, no. 1, pp. 21 - 25, Feb. 2021.

References

[1] Suantara K.D, Gede D.W, dkk. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Vol 8, No 2.

[2] Putra P.P, Made A. W, dan gede P. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based learning pada Mata Pelajaran Administrasi Basis Data Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 14, No 1.

[3] Pebriyawan D. M, I Gede M D, dkk. (2017). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis Kelas XI dengan Model Project based learning di SMK Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 14, No 1.

[4] Delianti P. I, Nizwardi J. (2020). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Visual. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 3, No 2.

[5] Luh Putu D. U, Ketut A, I Made A. P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tuntas dalam E-Modul Berbasis Project Based Learning. Pendidikan Teknik Informatika. Vol 8. No 1.

[6] Silitongga F. S, Futruah K. (2018). Desain E-Modul Berbasis Kemaritiman pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan dengan Pendekatan Project Based Learning. Pendidikan Kimia. Vol 6. No 2.

[7] Kemendikbud. (2015). Penguatan Pemahaman Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan. Handout Pendamping Implementasi Kurikulum 2013 SMK Tahun 2015.

[8] Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

[9] Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.